HOME » BERITA » MALAYSIA-INDONESIA KEMBALI BERKOLABORASI KEMBANGKAN MOBIL NASIONAL

Malaysia-Indonesia Kembali Berkolaborasi Kembangkan Mobil Nasional

Malaysia dan Indonesia kemungkinan akan berkolaborasi untuk mengembangkan mobil nasional untuk pasar ASEAN.

Jum'at, 29 Juni 2018 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Paultan.org

OTOSIA.COM - Selama kunjungan resmi ke Indonesia, Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad mengisyaratkan kemungkinan kerjasama dalam proyek produksi mobil antara Malaysia dan Indonesia.

Melansir Paultan, ide ini mengingatkan pada kerjasama tahun 2014 lalu saat Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak. Saat itu kolaborasi dilakukan antara Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari.

"Kembali ke 2015, kami telah berdiskusi untuk kerjasama produksi mobil buatan Indonesia dan Malaysia untuk Asia Tenggara, tapi tak ada kelanjutannya. Sekarang kami menghidupkan kembali proyek tersebut," ujar Mahathir seperti diberitakan Channel NewsAsia.

Kedua perusaahan telah menandatangani sebuah MoU persetujuan untuk mempelajari dan mengeksplor area untuk mobil nasional Indonesia. Mahathir mengatakan, kerjasama ini untuk pengembangan mobil di pasar ASEAN.

Proton juga telah mengeksplorasi kemungkinan bekerjasama dengan pabrikan berbasis di China seperti Geely untuk mengembangkan mobil ASEAN. Namun, informasi ini tak memberikan beberapa hal secara terperinci, seperti timeline kerjasama.

Ide ini disampaikan Mahathir saat sesi test drive mobil Proton bersama Presiden RI Joko Widodo.

"Saya bukan lagi Perdana Menteri dan sedang menyetir dengan kecepatan 180 km/jam di sirkuit Sepang. Presiden Jokowi tidak keberatan saat mobil melaju cepat," kata Mahathir saat konferensi pers bersama Jokowi.

"Tadi itu sangat cepat tapi saya tidak takut karepa Bapak Tun Mahathir yang menyetir," terang Jokowi seperti dilansir dari Bernama dan The Star.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR