HOME » BERITA » MALAYSIA SUDAH BERHASIL UJI COBA MOBIL TANPA SOPIR, INDONESIA KAPAN?

Malaysia Sudah Berhasil Uji Coba Mobil Tanpa Sopir, Indonesia Kapan?

Soal teknologi, beberapa kali Indonesia memang ketinggalan dengan negara tetangga. Seperti soal teknologi otomotif, Malaysia kini sudah mulai melakukan uji coba mobil otonom alias tanpa sopir.

Senin, 22 April 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Malaysia uji coba mobil otonom pakai Proton Exora (Paultan)

OTOSIA.COM - Soal teknologi, beberapa kali Indonesia memang ketinggalan dengan negara tetangga. Seperti soal teknologi otomotif, Malaysia kini sudah mulai melakukan uji coba mobil otonom alias tanpa sopir.

Uji coba itu dilakukan menggunakan Proton Exora. Melansir Soyacincau, yang dikutip dari Paultan, kendaraan demo tanpa sopir itu dicoba langsung oleh Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir yang ditemani oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia, Gobind Singh Deo.

Mobil tersebut, disiapkan oleh salah satu provider telekomunikasi Celcom yang dilengkapi berbagai kamera,radar, dan sensor Lidar yang memungkinkan untuk mengenalikondisi lingkungan di sekitar.

Sistem tanpa pengemudi ini, dikembangkan oleh eMooVit Technology, sebuah startup yang berfokus pada teknologi mobil otonom yang berkantor pusat di Singapura.

Sistem ini, mampu menjalankan mobil tanpa sopir level 4 hingga kendaraan pada dasarnya dapat berjalan sendiri. Namun, pengemudi masih harus berada di belakang kemudi, sehingga setir dan pedal tidak bisa dihilangkan dari kabin mobil.

Selain itu, sistem ini dihubungkan ke server pusat untuk memastikan mendapatkan informasi pemetaan terbaru. Komunikasi kendaraan ini berjalan dua arah, karena sistem akan mengirimkan pembaruan yang dapat bermanfaat bagi kendaraan lain seperti penghalang atau bahaya jalan lainnya.

Komunikasi Celuler Vehicle-to-Vehicle (C-V2X) ini tergantung pada data seluler, yang mana kecepatan dan latensi rendah yang ditawarkan oleh konektvitas 5G menjadi relevan.

Jika ada masalah yang melibatkan jaringan atau server, pengemudi dapat mengambil alih.

Karena ini adalah kendaraan uji, tombol darurat sepenuhnya tersambung dengan kontrol kendaraan, dan memberikan pengemudi akses penuh terhadap kendaraan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR