HOME » BERITA » MANA YANG BENAR, JEEP ATAU JIP? APA BEDANYA?

Mana yang Benar, Jeep atau Jip? Apa Bedanya?

Jeep dan Jip ternyata serupa tapi tak sama.

Jum'at, 30 Oktober 2020 08:15 Editor : Cornelius Candra
Mana yang Benar, Jeep atau Jip? Apa Bedanya?
Jeep Wrangler (Jeep)

OTOSIA.COM - Tak jarang kita menjumpai orang yang menyebut SUV sebagai Jeep. Bahkan, di situs resmi Samsat DKI Jakarta, ada pilihan jenis mobil Jeep yang dihuni oleh mobil SUV.

Penulisannya juga beragam, ada "Jeep" dan "Jip". Sebenarnya, mana yang benar? Dan apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda?

1 dari 2 Halaman

Sebenarnya Jeep adalah sebuah merek mobil asal Amerika Serikat di bawah naungan FCA Group (Fiat Chrysler Automobiles). Mereka secara konsisten menghadirkan mobil tangguh berpenggerak 4 roda (4WD), baik berjenis SUV maupun truk dan pick-up truck.

Tapi, jip juga memiliki arti, bahkan sudah tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata tersebut memiliki 2 makna, yaitu mobil kecil yang kuat, serba guna, bentuknya segi empat, lebih tinggi daripada sedan, beroda empat, untuk 4?10 orang. Yang kedua ialah obil jenis jip, tetapi lebih besar dan mewah.

2 dari 2 Halaman

Jadi, bisa dibilang Jeep telah tertanam di masyarakat Indonesia sebagai SUV, kendaraan tangguh, memiliki ground clearance tinggi, serta mampu melintasi segala medan. Tapi, tetap belum diketahui waktu dimasukkannya kata "jip" ke KBBI beserta pencetusnya.

Yang jelas, Jeep awalnya merupakan sebuah merek mobil. Berdasarkan situs resminya, di Indonesia, mereka menawarkan 6 model, yaitu Cherokee, Grand Cherokee, Renegade, Compass, Wrangler, dan Wrangler Unlimited.

BERI KOMENTAR