HOME » BERITA » MANDALIKA JADI SIRKUIT JALAN RAYA PERTAMA SEPANJANG SEJARAH MOTOGP

Mandalika Jadi Sirkuit Jalan Raya Pertama Sepanjang Sejarah MotoGP

Kamis, 28 Februari 2019 19:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi persaingan MotoGP (Autosport)

OTOSIA.COM - Dengan adanya Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia mampu menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021 mendatang. Menariknya, Mandalika akan menjadi seri pertama MotoGP di sirkuit jalan raya.

Kesepakatan telah tercapai antara promotor MotoGP, Dorna dengan Indonesia Tourism Development Corporation (IDTC). Kontrak sudah ditandatangani pada 21 Januari di Madrid, Spanyol. Kontrak awal akan berdurasi tiga tahun.

Sebelumnya baru Formula 1 yang menggelar balapan di jalan raya yakni di Singapura dan Monako.

"Kita tandatangan kontrak di Januari dengan Dorna.‎ Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit," ujar Direktur Utama IDTC, Abdulbar M Mansoer seperti dikutip Bola.com dari Autosport.

Sirkuit di Mandalika ini akan dibangun dari awal. Rencananya pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika ini dimulai kuarter tiga tahun 2019. Sirkuit ini bakal dipakai sebagai jalan umum saat sedang tidak dipakai pembalap MotoGP.

"Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak ada balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut," ujar Abdulbar.

Ajang MotoGP 2021 kemungkinan akan menjadi 20 seri dengan masuknya Sirkuit Mandalika. Selain itu, pada 2020 akan ada trek baru di Finlandia.

Simak Jadwal Pertandingan MotoGP Terkini.

Sumber: Bola.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR