HOME » BERITA » #TANYAOTOSIA: BAGAIMANA CARA KERJA PADDLE SHIFT?

#TanyaOTOSIA: Bagaimana Cara Kerja Paddle Shift?

Pada mobil transmisi otomatis, paddle shift memungkinkan pengemudi memindahkan gigi tanpa harus menggerakkan tangan ke tuas persneling, membuat perpindahan lebih aman dan lebih cepat.

Rabu, 19 Januari 2022 17:15 Editor : Nazarudin Ray
#TanyaOTOSIA: Bagaimana Cara Kerja Paddle Shift?
Ilustrasi mengaktifkan paddle shift (autolist.com)

OTOSIA.COM - #TanyaOTOSIA kali ini akan membahas tentang pertanyaan pembaca Otosia.com mengenai paddle shift. Yuk simak penjelasannya.

#TanyaOTOSIA

Otosia.com menjawab:

Sesuai namanya, pada kendaraan automatic transmission (AT) maka perpindahan gigi juga dilakukan secara otomatis. Sebaliknya, mobil transmisi transmisi manual perpindahan gigi dilakukan secara manual pula.

Namun mobil bertransmisi otomatis juga dilengkapi dengan mode manual, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih aktif kepada pengemudi, seolah-olah sedang mengendarai mobil bertransmisi manual. Dengan kata lain, fitur ini menghadirkan perpindahan percepatan seperti pada transmisi manual tanpa menginjak pedal kopling.

Beberapa kendaraan memiliki "switches" di steering wheel untuk mengubah tahap persneling. Inilah yang disebut paddle shift.

1 dari 4 Halaman

Paddle shift memungkinkan pengemudi memindahkan gigi sambil memegang setir tanpa harus menggerakkan tangan ke tuas persneling, membuat perpindahan lebih aman dan lebih cepat. Dengan menekan paddle shift, pengemudi dapat menaikkan atau menurunkan transmisi saat berkendara.

Paddle shift awalnya digunakan dalam transmisi sekuensial untuk mobil balap. Strukturnya mirip dengan transmisi manual, tetapi memungkinkan perpindahan gigi secara cepat dan aman dengan menghubungkan paddle dan transmisi melalui perangkat mekanis atau elektronik.

Pengoeprasian paddle shift cukup mudah. Pengemudi cukup menekan paddle untuk mengarahkan mobil ke mode manual. Paddle kanan ditandai dengan "+" yang digunakan untuk menaikkan gigi (upshift), sedangkan paddle kiri bertanda "-" untuk menurunkan transmisi (downshift).

2 dari 4 Halaman

"Pada paddle shift, perpindahan tidak dikontrol oleh ECU, tetapi orangnya (pengemudi). Saat ditekan, dia menerima input gigi berapa yang digunakan oleh transmisinya,? ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Fitur ini dapat membantu dalam kondisi jalan yang berbeda. Misalnya ketika bertemu jalan menanjak pengemudi bisa melakukan perpindahan gigi ke gigi paling rendah dengan menekan tuas paddle shift ini agar mobil tidak kehilangan momentum.

Sementara itu Boediarto, General Manager After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut memberikan penjelasan.

Menurut Boediarto, transmisi otomatis dengan paddle shift memudahkan pengendara untuk mendapatkan tenaga lebih maksimal dengan melakukan perpindahan percepatan seperti melewati perbukitan dengan kontur jalan menanjak dan menurun.

3 dari 4 Halaman

Cara kerja paddle shift

Prinsip dasar kerja paddle shift sama seperti fungsi sport mode dengan menggunakan tuas Shift Lever. Hanya saja proses perpindahan gigi dialihkan ke paddle dekat steering wheel (efisien dan kenyamanan).

Dengan menekan paddle shift beberapa saat hingga tanda di meter cluster berubah, dari ?D? menjadi angka (sesuai kondisi gear yang aktif)

"Secara jalur kelistrikan, paddle shift dan sport mode di shift lever adalah satu kesatuan dan terhubung ke AT ECU," jelas Boediarto.

 

 

4 dari 4 Halaman

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya ada 2 cara. Pertama dengan menggeser shit lever dari D ke Sport Mode, dan kedua dengan menekan paddle shift beberapa saat hingga tanda di meter cluster berubah dari ?D? menjadi angka.

Melihat manfaatnya, perlukah paddle shift mendapatkan perawatan khusus? "Tidak ada perawatan khusus, yang perlu perawatan adalah transmisinya (AT)," tukas Bambang Supriyadi.

BERI KOMENTAR