HOME » BERITA » MANTAP! PENYEDIA BEMO PERPUSTAKAAN GRATIS GOES VIRAL

Mantap! Penyedia Bemo Perpustakaan Gratis Goes Viral

Senin, 04 September 2017 10:15

Mantap! Penyedia Bemo Perpustakaan Gratis Goes Viral
Pak Kinong (foto: Al Jazeera)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Buat Otolovers sekalian yang belum mengetahui cerita tentang seorang pemilik kendaraan bemo yang menyulap bemo miliknya menjadi perpustakaan, mungkin Otolovers harus berkenalan dengan seorang bapak bernama 'Kinong' berikut ini Otolovers.

Singkat cerita, pak Sutino alias Kinong sudah beberapa lama menyulap bemo miliknya menjadi semacam perpustakaan berjalan buat anak-anak di Jakarta. Tak cuma perpustakaan, bemonya juga dilengkapi dengan layar tancap supaya anak-anak tersebut juga bisa menonton film.

Awal dari misi pak Sutino sebenarnya amatlah sederhana, dirinya membawa buku dari kampung ke kampung supaya anak-anak setempat bisa menikmati bacaan yang sesuai dengan usianya dan tak perlu jauh-jauh datang ke perpustakaan untuk membaca.

Selain itu, penggunaan bemo adalah supaya eksistensinya tak langsung terbuang percuma. Mengingat di Jakarta bemo sudah dianggap sebagai kendaraan yang usang dan bahkan masuk dalam rencana pengilegalan, sehingga tak bisa lagi dipergunakan sebagai kendaraan umum.

Pak Sutino Hadi menarik bemonya sejak tahun 1976 dan mulai mengubah bemonya menjadi perpus berjalan pada 2013. Otolovers sekalian bisa menemui pak Kinong di daerah 'dinasnya' di sekitaran Tanah Abang dan Karet Jakpus, karena memang di situlah beliau berdomisili.

Luar biasanya, kegiatan pak Kinong tersebut sampai diliput oleh salah satu TV dan situs internasional Al Jazeera, serta kemudian diunggah ke akun Twitter resminya. Keren nih pak Kinong! Samperin, Gengs!

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER