HOME » BERITA » USIA BUKAN BATASAN, MANULA 91 TAHUN INI IKUT BALAP RALLY

Usia Bukan Batasan, Manula 91 Tahun Ini Ikut Balap Rally

Tak kenal kata lelah, pria berumur 91 tahun ini ikuti salah satu ajang balap terberat di dunia, Safari Rally.

Kamis, 01 Juli 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Usia Bukan Batasan, Manula 91 Tahun Ini Ikut Balap Rally
Sobieslaw Zasada menaiki mobil Safari Rallynya, Ford Fiesta Rally3. (Twitter: M-Sport Poland)

OTOSIA.COM - Usia memang tidak pernah bohong. Di saat menjalani masa tua, seringkali badan terasa kurang prima dan banyak kendala untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun keterbatasan itu justru menjadi tantangan bagi Sobieslaw Zasada, pria berumur 91 tahun asal Polandia.

1 dari 3 Halaman

Melansir Autosport, Senin (28/6/2021), Zasada akan kembali ikut ajang balap World Rally Championship (WRC) Safari Rally setelah sebelumnya sempat hiatus selama 19 tahun.

Kembalinya ke ajang balap Rally melengserkan rekor pembalap tertua pada ajang balap itu, yakni Vold-Johansen yang saat berlaga tahun 1994 lalu sedang berumur 82 tahun.

Dengan kondisi yang ada, Zasada tidak menarget untuk menjadi juara. Setidaknya ia ingin bisa menyelesaikan Rally Safari saja.

"Tentu, ini adalah tantangan besar dan tujuan saya adalah hanya untuk mencapai garis finis saja," tuturnya.

2 dari 3 Halaman

Zasada sendiri tidaklah asing dengan dunia balap rally. Dia merupakan juara European Rally Championship pada tahun 1966, 1967 dan 1971. Pada ajang Safari Rally sendiri, ia telah berpartisipasi sebanyak delapan kali dengan hasil terbaik di posisi kedua pada tahun 1972.

Ia ingin kembali ke lintasan Safari Rally karena menurutnya ia butuh tantangan lagi. Selain itu, ia juga ingin melihat apa saja yang telah berubah selama ia absen.

"Menurut Saya (ajang) Safari adalah rally yang fantastis. Saya berpartisipasi karena saya ingin tahu seperti apa rally tersebut saat ini. (Untuk) tantangannya," sebut Zasada.

3 dari 3 Halaman

Baginya Safari Rally bukan ajang yang mudah untuk ditaklukkan. Ketika ia menyabet gelar runner up di tahun 1972 silam, ia harus menakklukkan jalanan terjal sejauh 6.480 Km. Tentu kondisinya sekarang akan berbeda dibandingkan masa itu.

Untuk mengikuti acara tersebut, Zasada menggunakan Ford Fiesta Rally3 dari M-Sport. Safari Rally di mulai pada hari Kamis (24/6) lalu.

BERI KOMENTAR