HOME » BERITA » MARC MARQUEZ JALANI OPERASI KETIGA, HONDA CUMA PUNYA PILIHAN ANDREA DOVIZIOSO?

Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga, Honda Cuma Punya Pilihan Andrea Dovizioso?

Setelah beberapa kali mengatakan bahwa Marc Marquez baik-baik saja, kini Honda mengumumkan operasi ketiga pembalap MotoGP itu. Marquez menjalani operasi penggantian plat baru dan cangkok tulang krista iliaka.

Jum'at, 04 Desember 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga, Honda Cuma Punya Pilihan Andrea Dovizioso?
Marc Marquez jalani operasi ketiga (HRC)

OTOSIA.COM - Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan bahwa pembalapnya, Marc Marquez menjalani operasi lanjutan. Artinya, ini adalah operasi ketiga Marc Marquez untuk menyembuhkan tulang humerusnya.

Menurut Honda, pemulihan tulang humerus Marc lambat. Tulang lengan atas kanan Marc tidak membaik dengan perawatan gelombang kejut khusus.

Marc Marquez menjalani operasi ketiganya di Rumah Sakit Ruber Internacional, di Madrid, Spanyol. Operasi itu dilakukan oleh tim yang terdiri dari dokter Samuel Antuņa, Ignacio Rofer de Oņa, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal dan Andrea Garcia Villanueva.

1 dari 3 Halaman

Ganti Plat dan Cangkok Tulang

Honda menerangkan bahwa operasi ini terdiri dari pengangkatan plat sebelumnya dan menggantinya dengna plat baru. Selain itu juga ada penambahan cangkok tulang krista iliaka dengan flap bebas kortikoperiosteal.

Operasi itu berjalan selama delapan jam dan berlangsung lancar. Hanya saja, Honda belum menyebut berapa lama waktu yang dibutuhkan Marc untuk benar-benar pulih dan bisa mengendarai Honda RC213V di sirkuit.

 

2 dari 3 Halaman

Honda dan MotoGP 2021

Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga, Honda Cuma Punya Pilihan Andrea Dovizioso?Honda dan MotoGP 2021

MotoGP 2021 sudah tinggal hitungan bulan. Tes pra musim sudah dijadwalkan akan dimulai pada Februari 2021. Sedangkan jadwal balap MotoGP 2021 sendiri akan dimulai pada 28 Maret 2021, mengacu pada kalender sementara MotoGP 2021.

Pada operasi keduanya awal Agustus 2020 lalu, Marc harus menjalani mas pemulihan selama 2 hingga 3 bulan. Diprediksi, Marc akan kembali balapan MotoGP 2020 sekitar Oktober atau November 2020.

Sayangnya, hingga musim 2020 berakhir kakak Alex Marquez itu tak kunjung kembali dan terus digantikan oleh test rider Honda Stefan Bradl. Jika pemulihan dari operasi ketiga ini juga memakan waktu yang lama, bukan tak mungkin Marc juga masih absen di awal-awal seri MotoGP 2021.

3 dari 3 Halaman

Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga, Honda Cuma Punya Pilihan Andrea Dovizioso?

Dengan begitu, Honda perlu memilik pengganti Marc. Mungkin selain Stefan Bradl, mengingat performanya tak cukup memuaskan kecuali saat Portimao, meskipun tak bisa masuk 3 besar juga.

Lalu kini nama Andrea Dovizioso kembali mencuri perhatian. Mungkinkah Honda akan menggaet Andrea Dovizioso? Memang ada banyak nama pembalap yang mungkin menggantikan Marc.

Tapi Dovi terasa lebih masuk akal, mengingat dia juga pernah bergabung bersama Honda. Terlebih kini Dovi mungkin juga masih membuka pintu tawaran dari tim balap lain selepas dia bersama Ducati. Kini hanya tinggal menunggu kabar kelanjutan dari proses pemulihan Marc.

BERI KOMENTAR