HOME » BERITA » MASA PAKAI HELM HANYA 5 TAHUN, PILIH BERTAHAN ATAU GANTI?

Masa Pakai Helm Hanya 5 Tahun, Pilih Bertahan atau Ganti?

Jum'at, 07 April 2017 15:15

Masa Pakai Helm Hanya 5 Tahun, Pilih Bertahan atau Ganti?
Foto: Arsip Otosia
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Bagi pengendara roda dua, helm sudah menjadi perlengkapan yang wajib digunakan saat berkendara. Namun perlu diketahui ternyata helm memiliki masa pakai maksimal hanya lima tahun sejak diproduksi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Brand Technical Support Cargloss Proriders, Irwan, mengatakan, "Normalnya itu pemakaian helm lima tahun sejak masa produksi. Biasanya, ada tanggal produksi yang terletak di dalam helm," dikutip dari Viva Otomotif pada Jumat, 07/04.

Selain dari pihak produsen helm lokal, aturan penggantian helm setelah 5 tahun juga menjadi standard Internasional. Hal ini sebagaimana yang disarankan lembaga indipendent Snell Memorial Foundation yang dituliskan oleh situs, eagleleather.com "Rekomendasi pengganti helm setelah lima tahun didasarkan pada konsensus produsen helm dan Snell Foundation. Karena bahan yang dipakai dalam memproduksi helm memiliki masa keausan, seperti perekatnya yang sudah longgar, lapisan resinnya sudah mengeras dan sebagainya."

Snell Memorial Foundation sendiri merupakan lembaga institusi standard independen yang tidak terikat pada regulasi Negara. Lembaga ini diakui memiliki standar tinggi dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Bahkan Snell dikabarkan melakukan pengujian lebih ketat dari standard yang dimiliki pemerintah Amerika dalam hal helm.

Kemudian bagaimana dengan kita sebagai konsumen yang mayoritas kurang mengetahui aturan tersebut?

Dalam membeli helm baru sangat jarang kita memperhatikan tanggal produksinya, selama model dan desain serta harganya sesuai, ya dibeli saja. Setelah membaca informasi ini diharapkan jika Anda akan membeli helm baru atau bekas, Anda akan memperhatikan tanggal produksinya.

Sementara ketika mengetahui helm yang kita pakai sudah lima tahun, apakah kita akan memilih untuk menggantinya atau justru mempertahankannya?

Mungkin juga Anda justru memilih 'cuek' dengan aturan tersebut? Atau malah berprinsip, "selama helm masih kelihatan bagus, ya tetap digunakan saja". Pilihan tetap di tangan Anda.

(kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER