HOME » BERITA » MASALAH KABEL BIKIN SCOOPY SUKA NYLONONG, KOK BISA?

Masalah Kabel Bikin Scoopy Suka Nylonong, Kok Bisa?

Honda Scoopy merupakan salah satu tipe skutik model klasik yang laris di Indonesia. Tipenya berganti dengan model baru yang lebih sporty.

Jum'at, 23 Maret 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Scoopy by Astra Honda Motor

OTOSIA.COM - Honda Scoopy merupakan salah satu tipe skutik model klasik yang laris di Indonesia. Tipenya berganti dengan model baru yang lebih sporty.

Menurut Direktur R&D dan Production PT Indo Bintang Mandiri selaku produsen Brake Pad ABrake, Arief Tri Waskito, perubahan itu juga dilakukan pada perbaikan kabel rem.

Perbaikan tersebut tak lepas dari adanya problem bahwa Scoopy kerap nylonong saat direm. Namun, kondisi ini hanya terjadi pada model-model lawas.

"Ya pengereman melibatkan banyak sistem. Ada kampas, minyaknya, kabelnya. Semua mesti dalam kondisi bagus," kata dia.

Namun untuk model lawas, menurut dia, pengereman mungkin sedikit terhambat karena desain kabelnya. Arief kemudian menggambar letak problem Scoopy pada kertas.

"Ada juga masalah desain kabel. Jadi, kabel rem pada desain awal itu jika diperhatikan bentuknya huruf U. Ujung yang satu di roda, sedangkan yang satu ke bodi dan naik ke setang," ujarnya.

Desain U tersebut membuat kerja kabel sedikit terhambat. Karena itu, di model yang baru, terlihat bahwa kabel tersebut disertai bagian datar di tengahnya. Jadi, lengkungan kabel itu tidak lagi berbentuk huruf U.

(kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR