HOME » BERITA » MASERATI MERAK, SUPERCAR KLASIK ITALIA BERNUANSA INDONESIA

Maserati Merak, Supercar Klasik Italia Bernuansa Indonesia

Bukan nama burung Indonesia, Maserati Merak ternyata terinspirasi dari bintang.

Kamis, 27 Juni 2019 12:45 Editor : Cornelius Candra
Maserati Merak, Supercar Klasik Italia Bernuansa Indonesia
Maserati Merak (hemmings.com)

OTOSIA.COM - Mobil dengan nama hewan sudah menjadi hal yang wajar, terlebih di Indonesia, sebut saja Toyota Kijang, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Zebra, dan Porsche Macan.

Namun, apakah Otolovers pernah mendengar mengenai Maserati Merak?

Maserati Merak adalah sebuah sports car klasik keluaran Maserati pada tahun 1972 hingga 1983. Kala itu, mobil ini bersaing dengan Lamborghini Urraco dan Ferrari Dino 308.

Namun, nama Merak bukan terinspirasi dari jenis burung yang ada di Indonesia. Mengutip dari Dkclassiccars.dk, penamaan tersebut diambil dari sebuah bintang di rasi Ursa mayor.

Terlahir sebagai sebuah sports car, Maserati Merak mengusung mesin berkonfigurasi V6 dengan 2 pilihan kubikasi, 2.700 cc dan 3.000 cc. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 188 hp, terbilang besar di masanya.

1 dari 1 Halaman

Tidak Terlalu Tenar

Maserati Merak, Supercar Klasik Italia Bernuansa IndonesiaTidak Terlalu Tenar

Secara fisik, Maserati Merak memiliki desain elegan dan terbilang futuristrik di masanya, rendah serta lebar. Selain itu ada juga ciri khas mobil 1970-an, yaitu pop-up headlight.

Sayangnya, meski termasuk supercar, Maserati Merak tak terlalu tenar di pasar mobil klasik. Pasalnya, mesinnya hanya berkonfigurasi V6 dan jumlahnya terbilang banyak, mencapai 1.830 unit selama 11 tahun.

BERI KOMENTAR