HOME » BERITA » MASIH DIGELAR DI SIRKUIT ARAGON, MENGAPA NAMANYA MENJADI MOTOGP TERUEL?

Masih Digelar di Sirkuit Aragon, Mengapa Namanya Menjadi MotoGP Teruel?

Meski digelar di sirkuit yang sama, nama balapan MotoGP 2020 berbeda. Seperti di seri Aragon, Spanyol.

Rabu, 21 Oktober 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Masih Digelar di Sirkuit Aragon, Mengapa Namanya Menjadi MotoGP Teruel?
MotoGP Aragon 2020 (Twitter/Suzukiofficial)

OTOSIA.COM - Jadwal padat dan hanya digelar di Eropa, membuat balap MotoGP 2020 digelar sebanyak dua kali di sirkuit yang sama. Salah satunya saat pembukaan balap MotoGP 2020 di Jerez, Spanyol.

Selain itu juga di Sirkuit Misano, San Marino. Lantaran menghelat dua seri, sirkuit tersebut harus memiliki dua nama berbeda. Dipilihnya MotoGP San Marino dan MotoGP Emilia Romagna. Hal sama berlaku untuk Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol.

Setelah menggelar seri sepuluh dengan tajuk MotoGP Aragon, Sirkuit Aragon kembali jadi tempat balapan seri sebelas, akhir pekan ini. Judul lomba pun berubah menjadi MotoGP Teruel.

1 dari 2 Halaman

Mengapa diberi nama MotoGP Teruel? Teruel adalah provinsi di wilayah Aragon dan pada saat yang sama merupakan ibu kota provinsi terpencil ini.

Pemerintah kota Teruel lah yang membayar kepada Dorna sebagai penyelenggara MotoGP agar nama daerah mereka semakin dikenal. Meskipun begitu, jarak antara Teruel ke Sirkuit Aragon sendiri sangat jauh: 175 km.

Yang menarik dari Teruel adalah meski berstatus ibu kota provinsi, derah tersebut punya populasi sangat sedikit: 35 ribu jiwa. Praktis Teruel menyabet status sebagai ibu kota provinsi dengan populasi terkecil di seluruh Spanyol.

2 dari 2 Halaman

Porgram pariwisata Teruel sendiri sudah dimulai sejak lama. Program Teruel Existe (Teruel Ada) bahkan dimulai pada tahun 1999 untuk menarik lebih banyak pengakuan, dengan tujuan menemukan investor untuk kota dan provinsi tersebut.

Setelah itu, sambungan transportasi ke Teruel diperbaiki, misalnya dibangun jalan tol dari Saragossa ke Sagunto. Namun demikian, Teruel tetap menjadi satu-satunya ibu kota provinsi di Semenanjung Iberia tanpa jalan langsung atau koneksi kereta api ke ibu kota Madrid.

Teruel juga dikenal memiliki situs arkeologi dan sisa-sisa dinosaurus tertua yang ditemukan di Spanyol. Oleh karena itulah, beberapa mendapat status Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

So kembali ke MotoGP, jalannya MotoGP Teruel, akhir pekan ini bakal sangat penting untuk semua pembalap yang sedang bersaing jadi juara dunia. Tentunya buat Anda penggemar MotiGP, jangan sampai melewatkan balapan ini. 

Penulis: Hendry Wibowo

Sumber: Bola.com

BERI KOMENTAR