HOME » BERITA » MASIH PERLU DIKEMBANGKAN, MOBIL LISTRIK MARINIR BISA JADI SOLUSI ENERGI TERBARUKAN

Masih Perlu Dikembangkan, Mobil Listrik Marinir Bisa Jadi Solusi Energi Terbarukan

Sabtu, 17 November 2018 14:45 Editor : Dini Arining Tyas
Mobil Listrik V8 VADI (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Berbarengan dengan agenda pembaretan yang bertepatan dengan hari ulang tahun korps Marinir ke 73-tahun, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Siwi Sukma Aji menyatakan komitmennya untuk mengembangkan mobil listrik Marinir.

Karya anak bangsa itu, disebutnya merupakan suata hal yang positif, karena tantangan ke depan adalah masalah energi.

"Energi adalah masalah yang paling utama kita karena hampir 90 persen membutuhkan energi fosil sehingga saya kira masalah energi terbarukan merupakan suatu jawaban yang sangat positif dan itulah salah satu alternatif penggunaan mobil listrik ini akan digunakan untuk peralatan tempur Marinir maupun untuk peralatan lainnya seperti angkutan," ujar Kasal Siwi, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Siwi pun menegaskan bahwa versi prototipe mobil listrik Marinir ini masih perlu dikembangkan lagi.

Mobil listrik V8 VADI (Liputan6.com)

"Saya kira itu perlu penjajakan dan penelitian serta pengembangan, yang jelas harus lebih matang lagi," tegas Siwi yang baru saja menjadi warga kehormatan Korps Marinir, di Bumi Karangpilang Surabaya, Kamis (15/11/2018) lalu.

Mobil listrik bernama V8 VADI (vehicle Autoelectric Drive International) digarap oleh PT Jakarta Berikat Nusantara Perkasa. V8 VADI ini menggunakan motor BLDC yang bertenaga 50 kW berpendingin cairan.

Motor listrik itu ditunjang oleh 6 unit baterai VRLA berkapasitas 200 Ah. Di roda-rodanya terselip rem cakram berventilasi baik di depan maupun belakang.

Spesifikasi tersebut mampu membuat V8 VADI berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 7 detik. Mobil berkapasitas 2-penumpang itu sanggup menjangkau jarak hingga 120 kilometer.

Memiliki tampang seperti mobil sport ala Italia, V8 VADI berdimensi panjang 4.960 milimeter, lebar 1.800 milimeter, dan tinggi 1.135 milimeter. Dengan velg berukuran 18-inci, mobil ini memiliki ground clearance 110 milimeter dengan jarak sumbu roda 2.760 milimeter.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR