HOME » BERITA » MASYARAKAT RELA BERHUTANG UNTUK SAMBUT LEBARAN

Masyarakat Rela Berhutang untuk Sambut Lebaran

Nah, dengan meningkatnya pembelian kendaraan bermotor, seberapa besar yang dibeli secara kredit alias pembiayaannya?

Minggu, 12 Mei 2019 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Adira Insurance (Istimewa)

OTOSIA.COM - Jelang Idul Fitri 2019 pembelian kendaraan bermotor bakal meningkat. Hal ini lantaran banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik Lebaran 2019. Dipilih karena kendaraan pribadi lebih nyaman dan fleksibel untuk urusan waktu.

Nah, dengan meningkatnya pembelian kendaraan bermotor, seberapa besar yang dibeli secara kredit alias pembiayaannya?

Dijelaskan Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, menjelang hari raya umumnya pembiayaan kredit kendaraan bermotor naik lima sampai 10 persen dibanding bulan biasa.

"Jelang Lebaran, permintaan otomotif naik. Kita kalau menjelang puasa, booking kita paling tinggi. Kalau tidak naik, pasti ada kejadian luar biasa, harga komuditas naik, atau konsumen wait and see," jelas Made saat berbincang dengan wartawan di sela-sela buka puasa bersama media, Jumat (11/5/2019).

Lanjutnya, kenaikan pembiayaan jelang Lebaran ini, berlaku baik untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Sementara itu, jika dilihat dari jenis kendaraan, di Adira Finance memang masih didominasi sepeda motor, sebanyak 55 persen dan mobil 45 persen.

"Tapi kalau berbicara outstanding loan itu sudah 50 persen-50 persen. Mobil kan tenornya jangka panjang, bisa tiga sampai lima tahun. Sedangkan motor, dua sampai tiga tahun," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR