HOME » BERITA » MASYARAKAT RESAH SOAL POLUSI SUARA, SEPEDA MOTOR AKAN DILARANG LEWAT

Masyarakat Resah Soal Polusi Suara, Sepeda Motor Akan Dilarang Lewat

Sepeda motor dengan suara kencang memang memekakkan telinga. Sepeda motor dengan suara di atas 95 desibel akan dilarang di Swiss.

Jum'at, 10 Juli 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Masyarakat Resah Soal Polusi Suara, Sepeda Motor Akan Dilarang Lewat
BMW S1000XR (Ilustrasi/Ist)

OTOSIA.COM - Di beberapa negara di Eropa, sepeda motor dilarang untuk melintas. Setelah Austria, kini giliran Swiss yang menerapkan aturan tersebut.

Dilansir dari Visordown, Putusan itu diajukan oleh salah satu anggota partai politik di negara itu, Gabriela Suter. Dalam rencana aturan itu, larangan motor berlaku di daerah-daerah pegunungan atau dataran tinggi yang udaranya masih sejuk.

Aturan ini juga berlaku untuk sepeda motor dengan suara di atas 95 desibel. Sementara itu, Suter menjelaskan terkait rencana pelarangan motor ini, merupakan respon terhadap keresahan masyarakat.

1 dari 2 Halaman

Karena hampir setiap pekan di musim panas, pengguna motor dengan kecepatan tinggi melonjak tajam dan mengganggu ketenangan masyarakat sekitar Alpen.

"Di Swiss juga, sepeda motor terlalu berisik adalah gangguan besar, terutama di jalur gunung yang populer, di Prealps dan Alpen, tetapi juga di dataran Swis," jelas Suter.

Lanjutnya, kebisingan motor ini sangat mengganggu orang dan alam. Berbagai proposal di Parlemen, sejauh ini juga gagal karena argumen bahwa tingkat kebisingan harus mematuhi aturan UE agar tidak membahayakan transportasi darat dengan UE.

2 dari 2 Halaman

"Karena larangan mengemudi di Tyrol jelas dimungkinkan sesuai dengan UE, sepeda motor dengan tingkat suara lebih dari 95 dB juga tidak boleh lagi dikendarai di Swiss," tegas Suter.

Rencana pelarangan motor ini kemudian juga mendapatkan kritik dari komunitas roda dua Swiss, dengan satu anggota parlemen, Walter Wobmann, yang juga merupakan presiden pusat Federasi Pengendara Sepeda Motor di Swiss, menyerukan agar pengendara motor untuk berdiri bersama melawan rencana tersebut.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR