HOME » BERITA » MATIKAN AC MOBIL BISA BIKIN BENSIN LEBIH IRIT, MITOS ATAU FAKTA?

Matikan AC Mobil Bisa Bikin Bensin Lebih Irit, Mitos atau Fakta?

Mematikan AC mobil saat berkendara diyakini bisa membuat konsumsi bensin lebih irit. Benarkah demikian?

Rabu, 31 Maret 2021 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Matikan AC Mobil Bisa Bikin Bensin Lebih Irit, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi AC mobil (Auto2000)

OTOSIA.COM - Ada banyak tips dan trik membuat mobil bisa lebih hemat bensin. Mulai dari cara berkenara hingga perawatan yang harus dilakukan secara rutin.

Sehingga ketika mesin mobil sehat, maka diyakini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Ada juga yang percaya bahwa dengan mematikan AC saat berkendara juga bisa membaut bahan bakar lebih irit.

Bernarkah?

1 dari 2 Halaman

"AC mobil mati selama perjalanan akan berpengaruh dengan konsumsi BBM memang benar. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan AC yang aktif bekerja akan menambah beban mesin saat berputar. Dengan demikian beban mesin pun lebih berat sehingga membutuhkan konsumsi lebih," jelas Kepala Bengkel Auto2000 Tanjung Api-Api, Raja Nami Siregar, disitat dari laman Auto2000.

AC yang dimatikan bisa membuat bensin lebih irit adalah fakta. Hanya saja, menurut Raja Nami, hingga kini belum ada data konkrit yang menyebutkan seberapa besar penghematan itu akibat mematikan AC.

2 dari 2 Halaman

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah ketika mematkan AC itu berarti Otolovers harus rela kabin mobil tak sedingin ketika AC dinyalakan. Itu berarti bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Terlebih ketika berkenara di siang hari yang terik. Raja Nami menyarankan, akan lebih baik jika menerapkan gaya mengemudi yang hemat BBM daripada mengorbankan kenyamanan dengan mematikan AC.

BERI KOMENTAR