HOME » BERITA » MAU BERPROFESI JADI PENGEMUDI, KENALI DULU JENIS SOPIR YANG COCOK BUATMU

Mau Berprofesi Jadi Pengemudi, Kenali Dulu Jenis Sopir yang Cocok Buatmu

Mengendarai kendaran bermotor harus bisa melengkapi beberapa persyaratan dulu

Kamis, 23 Januari 2020 13:45 Editor : Ahmad Muzaki
Mau Berprofesi Jadi Pengemudi, Kenali Dulu Jenis Sopir yang Cocok Buatmu
Ilustrasi menyetir (theverge.com)

OTOSIA.COM - Mengemudikan kendaraan bermotor membutuhkan pengemudi atau sopir yang andal. Bukan hanya biar perjalanan aman, tetapi juga soal kenyamanan. Makin tinggi jam terbang seorang sopir, maka Ia akan mahir dalam melayani penumpangnya.

Nyaman di sini juga bukan hanya terkait pelayanan, tetapi juga soal cara berkendara. Perpindahan transmisi dan cara injak gas serta rem sangat pengaruhi kenyamanan lho Otolovers. Jika tak demikian, mungkin sebagian orang akan mabuk jalan. Nah tentunya hal ini sangat dibenci penumpang.

Sopir atau pengemudi pastinya juga pekerjaan mulia lho Otolovers. Terlebih lagi saat ini pemerintah Indonesia sedang mencanangkan penggunaan transportasi umum daripada mobil pribadi, terutama di kota-kota besar.

Dengan begitu diharapkan penggunaan kendaraan pribadi akan berkurang dan kemacetan bisa dihindari di jalanan. Sudah bukan rahasia umum kalau di kota-kota besar sering terjadi macet, apalagi penyebabnya kalau bukan volume kendaraan pribadi yang membludak. Belum lagi jalan yang ada itu-itu saja, tak ada pelebaran dan sebagainya.

Jangan lupa juga, pekerjaan jadi sopir tak bisa dianggap sebelah mata. Gaji yang ditawarkan pun cukup besar kok. Bahkan disebutkan gaji sopir Transjakarta mencapai Rp7 jutaan.

Ini menandakan bahwa sopir merupakan pekerjaan profesional. Dari artinya sendiri sopir adalah pengemudi profesional yang mendapat gaji dari profesinya itu, entah dibayar oleh sang majikan atau penumpang.

Sopir artinya seperti demikian, namun juga masih digolongkan dalam beberapa jenis. Sebelum mengetahui hal itu, Otolovers perlu tahu dulu syarat jadi sopir.

1 dari 9 Halaman

Syarat Jadi Sopir

Mengendarai kendaran bermotor harus bisa lengkapi beberapa persyaratan. Jadi tak asal orang bisa lakukan ini ya Otolovers. Aturan ini sudah diatur di UU No. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Setiap pengemudi atau sopir wajib miliki surat izin mengemudi dam cara mendapatkannya harus melalui ujian mengemudi.

Nah perlu diketahui juga bahwa SIM miliki beberapa golongan. Dilansir dari polri.go.id, kurang lebih ada 6 kategori SIM.

Golongan SIM A

Golongan SIM ini diperuntukkan untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.

Golongan SIM A Khusus

Dikhususkan untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang difungsikan untuk angkutan barang atau orang. Tetapi ini bukan sepeda motor dengan kereta samping

Golongan SIM B1

Diperuntukkan kendaraan bermotor yang miliki bobot lebih dari 1.000 kg.

Golongan SIM B2

Untuk kendaraan bermotor dengan kereta tempelan yang miliki bobot lebih dari 1.000 kg.

Golongan SIM C

SIM untuk kendaraan bermotor beroda 2 yang miliki kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Golongan SIM D

Sedangkan yang terakhir, SIM ini dikhususkan untuk pengendara penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus.

2 dari 9 Halaman

Dua Jenis Sopir

Profesi sopir bisa dikategorikan ke dalam dua kelompok, yakni sopir pribadi dan sopir perusahaan. Kedua kelompok ini termasuk profesi yang profesional lho Otolovers. Biasanya sopir pribadi dipekerjakan oleh bos-bos besar atau artis dengan menggunakan mobil-mobil mewah, seperti jenis sedan atau MPV premium layaknya Toyota Alphard.

Sedangkan sopir perusahaan lebih banyak pakai kendaraan-kendaraan berat, seperti menjadi sopir truk, sopir bus, sopir taksi, dan sopir angkot. 

Dari persyaratannya sendiri keduanya tak jauh beda. Hanya saja untuk sopir angkutan umum, paling tidak harus miliki kondisi tubuh prima. Ini dikarenakan mengendarai kendaraan yang terbuka dan sering terpapar polusi.

3 dari 9 Halaman

Sopir Truk

Biasanya untuk mengirimkan logistik ke berbagai tempat, truk menjadi pilihannya. Bagi sopir truk paling tidak harus miliki SIM golongan B1 atau B2, tergantung jenis kendaraan yang dibawa.

Pengemudi kendaraan ini harus miliki kemampuan dan pengalaman mengemudi yang banyak. Pasalnya bodi truk terbilang lebar dan panjang, belum lagi kalau gandengan. Selain itu sedikit-sedikit juga harus mengerti soal tunggangannya itu. Sehingga bisa lakukan perawatan atau perbaikan sendiri jika terjadi masalah di jalan. Ini juga bisa menjadi pencegahan kecelakaan. 

Selain itu, pengemudi truk juga harus taati peraturan yang ada. Jika bawa muatan, jangan lebih dari ketentuan. Bahaya banget Otolovers!

4 dari 9 Halaman

Sopir Ambulance

Sopir adalah pekerjaan yang menghasilkan uang juga dan tak sedikit lho Otolovers. Untuk itu tak ada salahnya juga jika Otolovers berniat tekuni profesi ini. Termasuk pekerjaan mulia juga, apalagi kalau sopir ambulance.

Dan bagi pengendara lain, jika ada mobil satu ini seharusnya menepi dan kasih jalan. Ini termasuk kendaraan prioritas yang harus didahulukan selain mobil pemadam kebakaran dan lain sebagainya.

Namun di Indonesia, meski ada ambulance tetap aja pengendara lain membandel. Alhasil, sopir ambulance kerap diiringi oleh pemotor yang membukakan jalan. Salut deh buat pemotor yang lakukan hal ini.

5 dari 9 Halaman

Sopir Bus Pariwisata

Saat ini yang sedang ramai menjadi profesi di tengah perkembangan pariwisata adalah sopir bus pariwisata. Indonesia memang memiliki beragam wisata yang memikat dan tentunya itu menjadi ladang bisnis baik bagi agen travel dan pengelola.

Beriringan dengan itu, sopir bus pariwisata biasanya ditemani oleh seorang kenek. Tugasnya jelas untuk membantu operasional kendaraan itu, semisal parkir dan lain sebagainya.

Seperti sopir truk tadi, pengemudi bus pariwisata juga harus mengerti tunggangannya. Apalagi kalau bukan untuk deteksi kerusakan pada mesin dan bagian lainnya. Sehingga dapat mencegah kecelakaan yang bisa saja terjadi karena hal itu.

Akan tetapi banyak juga bus pariwisata yang ditunjang dengan seorang montir di dalamnya. Jadi selama perjalanan orang inilah yang akan mengurusi setiap perawatan dan perbaikan jika ada kerusakan.

6 dari 9 Halaman

Sopir Angkot

Angkot menjadi pilihan armada transportasi murah yang masih ada dan diandalkan beberapa orang. Daya tariknya sudah jelas adalah tarif angkot yang murah meriah. Namun demikian penumpang harus sabar, karena biasanya sopir angkot sering mangkal, meski sudah ada penumpang. Angkot penuh penumpang jadi alasannya.

Ini nih profesi pengemudi yang paling sering terpapar polusi. Bagaimana tidak? Angkot pintu dan jendelanya sering dibuka, entah untuk turunnya penumpang atau bayar tarif perjalanan.

7 dari 9 Halaman

Sopir di Malang

Salah satu tempat di Jawa Timur yang menjadi salah satu pusat pariwisata sekaligus pendidikan adalah Malang. Bisnis transportasi umum pun menggiurkan dan menjadikan banyaknya sopir Malang yang dijadikan profesi.

Mulai dari sopir angkot, sopir truk, sopir pribadi, sopir bus, sopir travel dan masih banyak lainnya. Tentunya para sopir ini sudah terbukti kemampuannya dalam mengemudi. Hal itu dibuktikan dengan kepemilikan SIM sesuai dengan golongan mobil yang digunakan.

8 dari 9 Halaman

Risiko Sopir

Setiap hari menyusuri jalanan untuk mengantar penumpang, sudah jelas banyak risiko yang dihadapi sopir. Momok pertama adalah kecelakaan yang bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Bahkan saking apesnya, sang sopir sudah hati-hati dalam berkendara tetap saja bisa jadi korban kecelakaan karena kelalaian pengendara lain.

Tidak hanya itu saja, masih ada ancaman dari tindak kejahatan. Kerap kali terjadi pemalakan terhadap sopir di beberapa daerah di Indonesia. Biasanya sopir angkutan umum, serta sopir truk yang jadi sasarannya.

Selain dua risiko tadi, masih ada ancaman lainnya, berupa terganggunya kesehatan. Terbiasa terkena polusi membuat kesehatan tubuh sopir lama kelamaan akan menurun dan terkena penyakit. Perlu diketahui, di jalanan banyak polusi di antaranya karbon monoksida, partikel lepas, dan timah hitam.

Untuk itu, para sopir memang seharusnya pakai masker saat lakukan pekerjaannya. Terutama untuk pengemudi angkutan umum seperti angkot. 

9 dari 9 Halaman

Video Sopir

BERI KOMENTAR