HOME » BERITA » MAU GANTI BAN MOBIL? SEBAIKNYA JANGAN COBA BEBERAPA TIPE BERIKUT

Mau Ganti Ban Mobil? Sebaiknya Jangan Coba Beberapa Tipe Berikut

Kamis, 07 Desember 2017 07:00 Editor : Nurrohman Sidiq
Foto by Facebook

OTOSIA.COM - Ban yang sudah gundul atau mungkin mengeras karena faktor usia, tentu wajib segera diganti untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih ban yang tepat sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Ada berbagai tipe ban mobil yang dikategorikan berdasar pada tapaknya, seperti simetris, asimetris, unidirectional, eco, tapak tinggi, slick dan semi slick. Semuanya memiliki kemampuan khusus yang mempengaruhi nyamannya kemudi. Tapi, dalam video berikut, ban yang dipakai sama sekali tidak sesuai dengan kategori tersebut.

Uji coba 'absurd' berikut tidak menggunakan tipikal ban yang dijual di pasaran, melainkan gelang karet hingga bebek karet yang dipasang simetris sehingga muat dengan bentuk velg.

Lantas apa yang kemudian terjadi? Secara logika pasti kendaraan tidak akan berfungsi normal dan sangat membahayakan! Apalagi, ban bukan hanya sekadar penapak tanah yang meringankan laju mobil, tapi juga berfungsi sebagai penopang seluruh berat mobil serta meredam guncangan ketika melewati berbagai kontur jalan. 

Oleh karena itulah lebih baik jangan dicoba di rumah ya Otolovers.

 (kpl/sdi)

BERI KOMENTAR