HOME » BERITA » MAU GANTI VELG MOBIL, JANGAN LUPAKAN HAL-HAL INI

Mau Ganti Velg Mobil, Jangan Lupakan Hal-hal Ini

Untuk mengganti velg mesti memahami beberapa hal, agar tidak menganggu kenyamanan dan keselamatan

Jum'at, 24 Januari 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mau Ganti Velg Mobil, Jangan Lupakan Hal-hal Ini
Ban mobil (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Tidak sedikit pemilik kendaraan yang merasa kurang puas dengan tampilan kaki-kaki standar bawaan pabrik. Agar kaki-kaki terlihat gagah dan sporti, mengganti velg dan ban seringkali dilakukan.

Hanya saja, untuk mengganti velg mesti memahami beberapa hal, agar tidak menganggu kenyamanan dan keselamatan.

Aldi Rais, Community Manager HSR Wheel pun mewanti-wanti ketika mengganti velg. Yang pertama harus diperhatikan sebelum memasang velg baru adalah jarak antara baut roda atau istilahnya Pitch Circle Diameter (PCD).

Seringkali velg aftermarket tidak bisa langsung plug and play karena memiliki baut roda yang tidak sesuai dengan aslinya.

Bisa saja memasang adaptor jika PCD-nya tidak sesuai dengan lubang velg yang ingin dipasang. Bagaimanapun memakai PCD asli sangat disarankan demi keselamatan berkendara.

"Jangan dipaksain deh, apalagi buat harian. Dimodifikasi pakai adaptor bisa, tapi itu tidak menjamin kekuatannya sama," imbuh Aldi.

1 dari 3 Halaman

Ketika mengganti velg, ada batas toleransi yang dianjurkan. Istilah anak bengkel adalah min 2 dan plus 2. Artinya batas menganti velg dengan menaikkan atau menurunkan 2 inci dari standarnya msih dapat ditoleransi.

?Misalnya standarnya ring 14, kalau ngak mau repot jangan coba-coba pakai ring 19 apalagi 20. Maksimal naiknya sampai 2 inci. Contohnya dari ring 14 ke ring 16,? katanya.

2 dari 3 Halaman

Selain itu ban juga harus mengikuti dimensi velg. Ketika mengganti velg, pilihlah aspek rasio ketebalan dari lebar telapak ban yang direkomendasikan. Untuk harian disarankan tidak memilih ban tipis demi mengejar tampilan.

?Saran saya pilihlah ban yang sesuai, karena ban punya peran penting dalam menjaga velg. Semakin tipis bannya, kekuatan velgnya akan semakin berkuruang. Karena tidak dapat menopang getaran, atau kena lubang. Kalau pakai ban standar bawaan mobil masih bisa menahan, tapai kalau pakai ban rasio 30 atau 35 pasti kekuatan velgnya menurun.? Tukasnya.

3 dari 3 Halaman

Yang terkahir, jika sudah menganti velg dan ban yang aman dan nyaman, jangan lupa untuk melakukan cek balancing di bengkel terpercaya.

?Jadi sekali lagi kalau mau ganti velg, pastikan offset dan lebarnya cocok dengan mobil. Gunakan ban yang sesuai dengan rekomendasi, atau bisa juga konsultasi ke kita, HSR Wheel,? tutupnya.

BERI KOMENTAR