HOME » BERITA » MAU KARET JENDELA PINTU DAN WIPER AWET? HINDARI HAL-HAL INI

Mau Karet Jendela Pintu dan Wiper Awet? Hindari Hal-hal ini

Kamis, 29 November 2018 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi karet jendela pintu mobil (homesecurity.press)

OTOSIA.COM - Selain komponen metal atau logam yang perlu mendapat perhatian dalam perawatan kendaraan, bagian-bagian karet pada mobil juga tidak boleh disepelekan. Beberapa karet kendaraan menempel di sejumlah titik pada mobil, seperti jendela, pintu hingga wiper.

Sama seperti komponen vital lainnya, karet pada jendela maupun pintu juga perlu mendapat perawatan agar fungsinya tidak terganggu dan merusak komponen lain.

Menurut Anjar Rosjadi - Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa langkah sederhana dalam merawat karet dan kaca jendela. Selain harus tetap dalam kondisi bersih, yang harus dihindari adalah cairan asam.

Zat kimia yang harus dihindari kaca adalah cairan asam karena dapat membuat permukaan kaca rusak. Sedangkan zat kimia yang dihindari supaya karetnya awet adalah bensin karena dapat membuat karet keras, terangnya.

Karet-karet pada mobil, lanjut Anjar Rosadi, juga memiliki umur pakai. Pada periode tertentu harus diganti baru sejalan usia kendaraan, termasuk pengaruh dari cuaca. Misalnya sering parkir secara langsung di bawah terik matahari dalam waktu yang lama akan memperpendek usia karet terutama karet wiper kaca.

Jadi usia karet tergantung kondisi lingkungan dan pemakaiannya. Karet harus diganti bila sudah keras. Untuk penggantian kaca kami rekomendasikan dilakukan di bengkel resmi sehingga keaslian karet dapat terjamin, imbuhnya.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR