HOME » BERITA » MAU LULUS UJIAN SIM, IKUTI TIPS DARI POLISI BERIKUT INI

Mau Lulus Ujian SIM, Ikuti Tips dari Polisi Berikut Ini

Rabu, 13 Desember 2017 08:30 Editor : Arry
Ujian Praktik SIM Motor

OTOSIA.COM - Ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dinilai selalu menjadi momok bagi pengendara. Akibatnya, banyak pengendara yang ogah membuatnya.

Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Fahri Siregar menyatakan, sebenarnya lulus ujian SIM itu tidaklah sulit. Dia pun memberikan tips agar warganet bisa lulus ujian SIM dengan mudah.

"Tips untuk bisa lulus ujian SIM itu, layaknya ujian di sekolah. Jadi kalau mau menghadapi ujian yang kita lakukan itu belajar dan berlatih. Tetapi mengenai peraturan undang-undang dan tentang lalu lintas jalan," kata Fahri seperti dilansir NTMC Polri.

Fahri pun membuka rahasia materi ujian SIM tersebut. Menurutnya, materi itu bahkan bisa dipelajari sebelum pelaksanaan ujian.

"Jadi pengendara bisa dengan cara mengakses pembelajaran secara online dengan mengujungi www.korlantas.polri.go.id atau mungkin bisa belajar mandiri membeli buku-buku aturan tentang lalu lintas. Atau pengendara juga bisa belajar dari soal-soal yang sudah kita bukukan di perpustakaan Pojok Baca di Satpas Polda Metro Jaya. Ini untuk ujian teorinya," beber Fahri.

Bagaimana dengan ujian untuk permohonan SIM praktik? Fahri juga menjelaskan dengan gamblang tips agar bisa lulus ujian praktik SIM.

"Tentunya bagi yang sudah mengikuti ujian praktik sudah tahu (yang gagal ujian praktik pengambilan SIM-Red). Kalau belum tahu bisa melihat dalam website kami atau buku Peraturan kapolri No.9 2012," jelas Fahri.

"Di situ ada materi-materi ujian praktik bagaimana ujian praktik roda dua dan empat," imbuhnya.

Tak hanya itu, calon peserta ujian SIM pun bisa langsung berlatih ujian praktik. Caranya, pengendara bisa langsung datang ke Satpas Daan Mogot pada hari Minggu. Polisi akan memberikan waktu kepada pengendara untuk berlatih mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Bagaimana Otolovers, masih malas untuk membuat SIM?

 (kpl/ary)

BERI KOMENTAR