HOME » BERITA » MAU ROAD TRIP JAWA BALI, JANGAN LUPA BAWA SURAT HASIL RAPID TEST ANTIGEN

Mau Road Trip Jawa Bali, Jangan Lupa Bawa Surat Hasil Rapid Test Antigen

Sebelumnya hanya road trip menuju Pulau Bali yang wajib menyertakan hasil rapid test antigen. Tapi sekarang, road trip di wilayah Jawa juga dihimbau menyertai surat tersebut

Selasa, 22 Desember 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mau Road Trip Jawa Bali, Jangan Lupa Bawa Surat Hasil Rapid Test Antigen
Kendaraan yang didominasi pemudik melintasi Jalan Tol Cipali di kawasan Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (8/7). Diberlakukannya sistem satu arah atau one way menyebabkan jalur Trans Jawa dari arah Palimanan menuju Cikampek ramai lancar pada H+3 Lebaran. (Lip

OTOSIA.COM - Masyarakat dianjurkan untuk tetap berada di rumah saat libur Natal dan Tahun Baru. Namun bagi mereka yang tetap nekat melakukan road trip, sebelum berangkat harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Guna mencegah penyebaran COVID-19 lebih masiv, Kepala BNPB selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengeluarkan surat edaran yang berlaku untuk setiap orang yang akan berpergian. Surat edaran no 3 tahun 2020 tertanggal 19 Desember 2020 itu menyangkut protokol kesehatan perjalanan orang selama libur hari raya Natal dan tahun baru 2021 di masa pandemi COVID-19.

Surat edaran ini berlaku hingga 8 Januari 2021 dan dapat diubah sesuai perkembangan yang berlangsung.

Bila sebelumnya syarat rapid test hanya berlaku untuk pengguna transportasi umum seperti pesawat, bus, dan kapal laut, kini pengguna kendaraan pribadi juga termasuk di dalamnya. Jadi yang akan melakukan road trip harus menyertai surat hasil tes tersebut.

Sebelumnya hanya road trip menuju Pulau Bali yang wajib menyertakan hasil rapid test antigen. Tapi sekarang, road trip di wilayah Jawa juga dihimbau menyertai surat tersebut.

1 dari 2 Halaman

Hasil Rapid Test Antigen 3 x 24 Jam Sebelum Keberangkatan

Dalam surat edaran Ketua Satgas COVID-19, disebutkan ke Pulau Bali naik kendaraan pribadi wajib menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Selain itu para pelancong juga harus mengisi e-HAC.

Bedanya dengan pelaku roadtrip di Pulau Jawa, hasil rapid test antigen hanya berupa himbauan. Namun pengisian e-HAC Indonesia bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum maupun pribadi.

Sementara untuk di algomerasi perkotaan seperti Jabodetabek, tidak diwajibkan untuk menyertakan surah hasil rapid test antigen.

2 dari 2 Halaman

Protokol Kesehatan Selama Road Trip

Saat road trip, berdasarkan surat edaran tersebut, tiap orang harus melaksanakan protokol kesehatan. Protokol kesehatan 3M wajib dilakukan.

Semua orang yang melakukan road trip wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Penulis: Sigit Tri Santoso

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR