HOME » BERITA » MAU TAHU BAGAIMANA TRANSMISI MOTOR PRIA BEKERJA? BEGINI PENJELASANNYA

Mau Tahu Bagaimana Transmisi Motor Pria Bekerja? Begini Penjelasannya

Jum'at, 26 Januari 2018 13:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Transmisi (foto: Youtube Motorcyclist Magz)

OTOSIA.COM - Kalau misalkan Otolovers memiliki motor matic, sudah pasti motor tersebut tak punya gear. Atau seringkali disebut motor ompong karena tak memiliki gigi. Kalau Otolovers juga memiliki motor dengan jenis bebek seperti Vega R, Supra X, Revo, atau Smash, mungkin agak semakin tak populer karena jumlahnya yang semakin sedikit dibanding motor matic.

Tapi jika Otolovers punya motor pria yang pada umumnya menggunakan kopling tangan dan transmisi yang cukup kompleks, bisa jadi Otolovers akan bertanya-tanya cara transmisi tersebut bekerja. Dan akun youtube Motorcyclist Magz bisa menjawabnya buat Otolovers yang penasaran bagaimana transmisi tersebut bekerja.

Setidaknya, transmisi terdiri dari beberapa gear yang satu sama lain bisa terkait dan menjalankan gear sesuai dengan posisi persneling. Itulah mengapa disebut shift, karena memang secara bahasa, gear yang ada pada transmisi 'bergeser/shifting'. Dimana cara bergeser dari gear tersebut menggunakan gear-fork yang menggesernya dari kanan ke kiri.

Gear fork itu sendiri kemudian akan disesuaikan dengan shift drum, yang menjaga supaya gear fork tidak bergeser terlalu jauh dari gear yang semestinya dimasuki. Shift drum itu sendirilah yang kemudian menentukan gear mana yang sedang 'dimasuki' oleh si pengendara motor. Lebih lengkapnya bisa tonton videonya, Gengs!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR