HOME » BERITA » MAURIZIO ARRIVABENE RESMI HENGKANG DARI TIM F1 FERRARI

Maurizio Arrivabene Resmi Hengkang dari Tim F1 Ferrari

Selasa, 08 Januari 2019 18:15 Editor : Cornelius Candra
Maurizio Arrivabene (Autosport.com)

OTOSIA.COM - Kabar mengejutkan datang dari salah satu tim Formula One yaitu Scuderia Ferrari. Mereka baru saja mengumumkan bahwa Maurizio Arrivabene saat ini tidak lagi menjadi kepala tim Ferrari. Sebagai gantinya, tim yang bermarkas di Maranello, Italia ini resmi menunjuk Mattia Binotto sebagai pengganti.

Mengutip dari Autosport.com, penunjukkan Binotto sebagai kepala tim diumumkan pada Senin malam (7/1) waktu setempat. Kepergiannya disinyalir berawal dari adanya ketidaksepakatan antara Arrivabene dengan kepala teknis Binotto.

"Setelah empat tahun komitmen dan dedikasi yang tak kenal lelah, Maurizio Arrivabene resmi meninggalkan tim," ungkap pihak Ferrari.

"Ferrari ingin mengucapkan terima kasih kepada Maurizio atas kontribusinya yang berharga bagi peningkatan daya saing tim selama beberapa tahun terakhir, dan berharap yang terbaik untuk usahanya di masa depan,” tambahnya.

Nantinya semua urusan teknis dari tim Scuderia Ferrari akan dilaporkan langsung ke Binotto.

Binotto pertama kali bergabung dengan Ferrari pada tahun 1995,sebagai insinyur mesin uji, lalu kemudian melakukan peran yang sama untuk tim balap Ferrari dari tahun 1997 hingga 2003.

Setelah bekerja sebagai chief engineer, ia menjadi kepala mesin dan KERS pada tahun 2009, sebelum berpindah ke chief operating officer dari unit divisi power pada akhir 2014 dan menjadikan dirinya sebagai kunci utama dalam peningkatan kinerja mesin V6 turbo-hybrid.

Selanjutnya pada 2017 hingga 2018, Binotto mengambil alih keseluruhan terkait teknis dari tim balap Ferrari. Dirinya juga membantu menjadikan tim Ferrari sebagai penantang gelar melawan Mercedes pada 2017 dan 2018.

Namun, hingga saat ini pihak Ferrari belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan peran Binotto sebagai kepala departemen teknis tim Scuderia Ferrari. Beberapa pihak pun menyarankan agar posisi tersebut diserahkan kepada kepala divisi aerodinamis yaitu Enrico Cardile dan Corrado Iotti yang merupakan kepala departemen mesin Ferrari.

Arrivabene saat ini dikaitkan akan menjabat posisi senior di salah satu tim sepak bola Italia Juventus. Arrivabene bergabung bersama Ferrari sebagai kepala tim untuk musim 2015, menggantikan Marco Mattiacci.

Selama di bawah komandonya, Ferrari telah berhasil memenangkan 14 dari 81 balapan, dan mencetak 71 podium serta 12 kali meraih pole position.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR