HOME » BERITA » MAZDA CX-3 ANYAR INDONESIA DIPASANGI G-VECTORING CONTROL

Mazda CX-3 Anyar Indonesia Dipasangi G-Vectoring Control

Sabtu, 15 April 2017 21:15

Mazda CX-3 Anyar Indonesia Dipasangi G-Vectoring Control
Motor Trend
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - SUV Mazda CX-3 lansiran terbaru akhirnya punya harga resmi di Indonesia. Dua varian disuguhkan dengan harga Mazda CX-3 Type Touring Rp 388.000.000, sedangkan yang Grand Touring Rp 435.000.000.

Embel-embel penting dalam peluncuran ini adalah adanya teknologi baru yang dipasangkan pada SUV yang terkenal dengan warna merahnya ini, yakni G-Vectoring Control atau disingkat GVC.

“Mazda CX-3 ini juga telah mengadopsi fitur terbaru Mazda yang disebut dengan G-Vectoring Control (GVC) yang tentunya akan menambah tingkat kenyamanan dan keselamatan tanpa mengorbankan sensasi berkendara khas ZOOMZOOM Mazda,” kata Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia Roy Arman Arfandy.

- Cara Kerja GVC

GVC sendiri merupakan bagian dari SKYACTIV-vehicle dynamics yang melengkapi jajaran SKYACTIV-Technology. Perannya akan mengurangi torsi mesin sebanyak maksimal 3% yang disebut sangat sedikit dan tidak akan terasa saat mobil mulai memasuki tikungan, dan mengembalikannya lagi saat keluar dari tikungan.

Namun, kerja yang sederhana ini berlangsung berulang-ulang dengan sangat cepat hingga sepersekian detik termasuk saat mobil berjalan lurus.

Perlu diingat bahwa mobil bejalan lurus bukan berarti bisa lurus dengan sempurna, namun sebenarnya mobil berjalan berkelok-kelok, walau dalam skala sangat kecil.

Saat torsi mesin dikurangi, bobot mobil akan berpindah ke depan sehingga menambah grip ban depan yang akan mengurangi kemungkinan understeer, sekaligus secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke depan.

Lalu saat torsi mesin dikembalikan, maka bobot mobil akan pindah ke belakang sehingga menambah grip ban belakang yang akan mengurangi kemungkinan oversteer, sekaligus secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke belakang.

Bicara sisi kenyamanan, GVC akan mengurangi derita pengemudi ataupun penumpang akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan. Dengan begitu, kelelahan pengemudi ataupun penumpang akan sangat berkurang sehingga menjadikannya lebih nyaman.

Dari sisi keselamatan, GVC juga akan mengurangi derita mobil itu sendiri akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan sehingga kemungkinan understeer maupun oversteer akan jauh berkurang.

 (kpl/why/fdk)

Mazda CX-3
 
10 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER