HOME » BERITA » MAZDA: MESIN DIESEL MASIH PUNYA MASA DEPAN

Mazda: Mesin Diesel Masih Punya Masa Depan

Ketika banyak pabrikan mengembangkan mobil listrik, Mazda justru menganggap mesin diesel bisa menjadi solusi mengurangi emisi.

Sabtu, 19 Oktober 2019 13:45 Editor : Cornelius Candra
Mazda: Mesin Diesel Masih Punya Masa Depan
Mazda CX-8 (Mazda)

OTOSIA.COM - Saat ini telah banyak pabrikan yang menghentikan pengembangan mesin diesel. Varian ini dianggap menghasilkan polusi udara yang cukup besar, sehingga bertentangan dengan visi otomotif di masa depan, yakni tanpa emisi gas buang.

Namun, mengutip dari Autocar.co.uk, Mazda melihat bahwa mesin diesel masih memiliki masa depan. Bahkan, pabrikan asal Jepang itu akan mengembangkan dapur pacu berbahan solar tersebut.

"Di 2020, kami memiliki pendekatan baru ke mesin diesel. Kami akan menunjukkan bahwa mesin diesel juga bisa bersih dan efisien," ujar Christian Schultze, Head of Mazda Europe Research and Development.

1 dari 1 Halaman

Pendekatan Multi Solusi

Mazda: Mesin Diesel Masih Punya Masa DepanPendekatan Multi Solusi

Nampaknya, Mazda akan menggunakan teknologi baru dari pengembangan mesin SKYACTIV-X. Sistem ini mengatur pengapian dari busi yang terjadi di ruang mesin dan membuatnya menjadi irit bahan bakar serta menghasilkan emisi yang lebih sedikit.

Schultze juga menyebut bahwa elektrifikasi atau peralihan ke mobil listrik bukanlah satu-satunya pilihan untuk mengurangi emisi gas buang. Ia menyatakan teknologi SKYACTIV-X bisa menjadi salah satu alternatif.

Menurut sumber yang sama, Mazda menyebutnya sebagai pendekatan multi solusi. Artinya, selain penyempurnaan dan pengembangan mesin konvensional, baik diesel maupun bensin, disediakan juga varian hybrid, plug-in hybrid, dan full-electric.

BERI KOMENTAR