HOME » BERITA » MAZDA PATENKAN MESIN ROTARY BARU, PAKAI TURBO

Mazda Patenkan Mesin Rotary Baru, Pakai Turbo

Mazda tengah mengembangkan mobil sport baru dan dibekali generasi teranyar mesin rotary legendaris mereka yang dilengkapi turbocharger.

Jum'at, 28 Juni 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Mazda Patenkan Mesin Rotary Baru, Pakai Turbo
Mazda RX-8 (mad4wheels.com)

OTOSIA.COM - Bagi para penggemar mobil tentu sudah tak asing dengan mesin legendaris Mazda dengan konfigurasi rotari. Sebelumnya, dapur pacu ini pernah disematkan pada sports car mereka, Mazda RX-7 dan Mazda RX8, serta berhasil menuai sukses di tahun 1990-an akhir sampai sekitar 2012.

Kini, mengutip dari Motoring.com.au, pabrikan asal Jepang itu mematenkan desain mesin rotary terbaru mereka. Dari gambar tersebut tampak bahwa dapur pacu legendaris itu dilengkapi dengan turbocharger.

Rencananya mesin rotary baru ini akan dirilis dalam waktu dekat. Namun, Mazda menyatakan bahwa salah satu syarat terpentingnya ialah jantung penggerak itu telah memenuhi target efisiensi bahan bakar yang telah ditetapkan.

Ada kemungkinan juga bahwa mesin rotary ini akan dikawinkan dengan motor listrik pada mobil hybrid Mazda di masa depan. Namun, beberapa detail paten tersebut memperlihatkan mesin itu diciptakan untuk sports car konvensional.

1 dari 1 Halaman

Penerus Mazda RX-7 dan RX-8

Mazda Patenkan Mesin Rotary Baru, Pakai TurboPenerus Mazda RX-7 dan RX-8

Hadirnya mesin ini juga memunculkan rumor akan adanya penerus Mazda RX7. Bisa jadi mobil sport itu adalah Mazda RX-Vision Xoncept yang sempat diperkenalkan pada tahun 2015 silam. Sayangnya hal itu dipatahkan langsung oleh Research and Development Chief Mazda, Kiyoshi Fujiwara.

"Kami tidak akan menghadirkan Mazda RX-Vision ke pasar otomotif global pada tahun 2020. Pasalnya, kami tidak memiliki biaya yang cukup untuk diinvestasikan, untuk penerus Mazda RX-7 tersebut" ujar Fujiwara.

"Tapi kami mengembangkan mesin rotary untuk mobil sport. Teknologi ini berjalan dengan baik, tetapi kami harus menambahkan berbagai fitur ke dalamnya, seperti pengendaraan otonom dan elektrifikasi," tambahnya.

Diprediksi jika Mazda benar-benar menciptakan mobil dengan mesin rotary turbocharger, para penggemar sports car akan tertarik tanpa mempedulikan performa, efisiensi, dan bahkan elektrifikasi.

BERI KOMENTAR