HOME » BERITA » MENJELANG MUSIM HUJAN, SIMAK 7 CARA AGAR MOTOR TETAP BANDEL

Menjelang Musim Hujan, Simak 7 Cara Agar Motor Tetap Bandel

Kali ini Otosia, memberikan beberapa resep merawat motor di musim hujan.

Selasa, 13 November 2018 08:45 Editor : Cornelius Candra
Mengendarai sepeda motor saat hujan (nationalmcmuseum.org)

OTOSIA.COM - Memasuki musim hujan, motor dan pengendaranya harus dipersiapkan dengan lebih seksama. Pasalanya, jalanan menjadi licin dan visibilitas berkurang.

Selain mempersiapkan helm dan jas hujan, sepeda motor wajib diperiksa. Sebab, saat diguyur hujan, hal itu berimbas pada kerusakan di beberapa bagian komponen.

Tentunya, jika dianggap sepele, hal ini justru mengakibatkan kerusakan cukup serius. Maka dari itu pentingnya melakukan perawatan.

Nah, kali ini Otosia, mengutip dari Liputan6.com memberikan beberapa resep merawat motor di musim hujan:

1. Bersihkan Motor

Tak bisa dipungkiri, laju motor akan lebih enak dan enteng apabila roda dua dalam kondisi kinclong alias bersih.

Namun ketika hujan mengguyur, otomatis sejumlah komponen utama tertutup tanah dan lumpur. Secara tak langsung, kondisi motor yang kotor pun membuat pengendara tidak nyaman.

Ada baiknya, selalu menjaga penampilan roda dua Anda, meskipun hanya mengguyur dan membersihkan bagian-bagian tertentu.

Di samping agar menjaga tampilan tetap kinclong, membersihkan dan mengeringkan sejumlah komponen di motor juga mencegah timbulnya korosi.

2. Rantai Motor

Komponen ini rawan bermasalah ketika sering mengendarai motor di tengah guyuran hujan. Sebab, air hujan yang bersifat asam kerap menimbulkan karat.

Selain itu, sepeda motor yang kerap kali menerabas lubang ketika musim hujan membuat kondisi rantai cepat kendur. Karenanya, kencangkan rantai sesuai dengan standar dan bila perlu lumasi dengan cairan khusus pada komponen ini.

3. Ban

Sebelum masuk musim penghujan, komponen ini sebaiknya terlebih dahulu diperiksa. Bila tapak ban sudah gundul ada baiknya diganti dengan yang baru. Pastikan pula tekanan angin pada ban sudah sesuai standar.

4. Saringan udara

Udara merupakan unsur penting dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Bila saringan udara basah, otomatis proses pembakaran akan terganggu bahkan bisa menyebabkan motor mogok.

5. Knalpot

Nah, bagi Anda warga Ibukota yang kerap menerabas banjir. Air yang bercampur kotoran kerap kali masuk ke dalam knalpot. Hal ini bisa mengakibatkan leher knalpot akan termakan korosi dan keropos.

Pastikan Anda mencuci bersih komponen knalpot setelah menerabas banjir. Pastikan kondisi mesin sudah dalam keadaan dingin sebelum dicuci. Setelah bersih panasi motor selama lima menit.

6. Kanvas rem

Ada baiknya, mendatangi bengkel terdekat untuk sekadar mengecek kondisi kanvas rem sangat disarankan. Apabila kondisinya sudah tidak baik, Anda perlu mengganti komponen ini.

7. Busi

Komponen ini memiliki fungsi vital dalam proses pengapian. Busi acapkali ngadat ketika dibawa melintas genangan air yang cukup tinggi.

Karena itu, ada baiknya Anda membawa busi cadangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada motor Anda.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR