HOME » BERITA » MELAKUKAN ENGINE BRAKE PADA MOBIL BERTRANSMISI MANUAL, BAGAIMANA HUKUMNYA?

Melakukan Engine Brake Pada Mobil Bertransmisi Manual, Bagaimana Hukumnya?

Senin, 18 September 2017 20:15

Melakukan Engine Brake Pada Mobil Bertransmisi Manual, Bagaimana Hukumnya?
Transmisi Manual (foto: Prezi)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Bagi beberapa pengendara mobil yang baru saja memiliki kendaraannya dan kebetulan bahwa mobilnya adalah transmisi manual, akan jadi persoalan jika nantinya pemilik mobil menghadapi situasi dimana jalanan menurun akan memaksanya bukan untuk mengerem secara sporadis, tapi menggunakan skill dan mengefektifkan pengereman menggunakan mesin.

Hal tersebut dinamakan Engine Brake, satu teknik mengurangi kecepatan kendaraan tidak dengan menggunakan kanvas rem melainkan dengan putaran mesin di gigi rendah. Diterangkan oleh akun youtube engineering explained, Otolovers sekalian mungkin bertanya-tanya apakah mesin tidak kemudian mengalami panas yang berlebih?

Bisa iya, bisa juga tidak. Namun konteks yang dipergunakan dalam engine brake di sini adalah saat mobil berada dalam kecepatan sedang untuk mengantisipasi turunan yang sifatnya konsisten. Selain itu, di tempat lain mesin mobil manual memiliki radiator untuk melakukan intersep kepada suhu yang dihasilkan oleh engine brake sebagai kompensasi.

Sementara itu yang perlu dikhawatirkan mengalami suhu tinggi jikalau engine brake dilakukan secara sporadis dan mengakibatkan mesin mengalami over-rev. Kesimpulannya engine brake adalah metode yang sah-sah saja dilakukan. Selain mobil jadi tidak ngap-ngapan, rem juga jadi lebih awet dengan cara ini.

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER