HOME » BERITA » MELIHAT PESAING HONDA ALL NEW BRIO DI SEGMEN CITY CAR, SEMAKIN SEPI

Melihat Pesaing Honda All New Brio di Segmen City Car, Semakin Sepi

All New Honda Brio dengan tampang yang super baru sepertinya menolong penjualan Honda. Pihak Honda Prospect Motor bahkan mengklaim All New Honda Brio berhasil terjual 2.991 unit awal 2019.

Selasa, 19 Maret 2019 22:45 Editor : Dini Arining Tyas
All New Honda Brio (Istimewa)

OTOSIA.COM - Kehadiran All New Honda Brio ternyata cukup mendominasi penjualan mobil di segmen City Car. PT Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia mengklaim bahwa sejak dua bulan pertama di 2019, mereka berhasil menjual 2.991 unit.

Angka tersebut mengungguli beberapa rival-rivalnya di segmen ini, seperti Suzuki Ignis, Daihatsu All New Sirion, dan Hyundai Grand i10. Berdasarkan data wholesales dari Gaikindo, Suzuki Ignis tercatat berhasil terjual sebanyak 935 unit, Daihatsu All New Sirion sebanyak 250 unit dan Hyundai Grand i10 sebanyak 12 unit.

Perubahan desain yang dilakukan oleh Honda pada All New Brio, dinilai sangat mempengaruhi minat calon konsumen untuk memiliki mobil city car ini. Mobil ini memiliki dimensi yang sedikit lebih panjang dari pendahulunya, dengan panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Dari segi tampilan, mobil ini mengalami perubahan yang cukup drastis dibanding pendahulunya. Pada bagian depan, All NEw Honda Briio kini menggunakan lampu depan LED. Di bagian samping, juga dilengkapi oleh power retractable mirror. City car ini menggunakan pelek berukuran 14 inci untuk tipe biasa, dan 15 inci untuk tipe RS.

Beranjak ke bagian interior, kini All New Honda Brio telah dilengkapi oleh sistem pengaturan AC digital dan adjustable headrest. Tidak hanya itu, mobil ini kini telah menggunakan sandaran kepala yang terpisah dengan jok.

Dengan dimensi yang lebih besar dan panjang tersebut, All New Brio diklaim memiliki stabilitas berkendara yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Honda juga turut melakukan penyempurnaan pada bagian lain, seperti menggeser titik pusat gravitasi menjadi lebih ke tengah untuk menyeimbangkan antara bobot depan dan belakang.

Mobil ini mengadopsi mesin i-VTEC berkapasitas 1.2 liter SOHC 4 silinder segaris, mesin tersebut menghasilkan tenaga 88 hp dengan torsi 110 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan dua pilihan sistem transmisi yaitu, manual 5 percepatan dan otomatis CVT yang dilengkapi EartDreams Technology.

Mobil ini juga telah dilengkapi oleh teknologi PGM-FI yang berguna sebagai penghemat bahan bakar meskipun saat berakselerasi. All New Brio saat ini dibandrol oleh Honda dengan kisaran harga Rp 140 juta hingga Rp 191 juta.

Lalu bagaimana perbandingan spesifikasi dan harga dengan para rivalnya? Berikut spesifikasi dan harga dari para rival Honda All New Brio di segmen City Car:

1. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis (Suzuki Indomobil)

Dari merk Suzuki terdapat city car bernama Ignis. Mobil berdarah India ini memiliki dimensi panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm. Dari segi tampilan, Ignis memang memiliki bentuk desain yang identik dengan mobil India.

Pada bagian depan, Ignis telah mengadopsi penggunaan lampu LED projector dan DRL pada tipe GX. Untuk tipe GX juga telah dilengkapi oleh High Mount Stop Lamp, sensor parkir sebanyak 4 titik, Fog lamps, dan roof rails.

Sementara untuk pelek, seluruh Ignis menggunakan pelek Trapezoid berukuran 15 inci. Pada bagian interior, Ignis telah dibekali keyless entry dan push start/stop button untuk tipe GX, Auto climate AC dan heater pada tipe GX, Audio touchscreen,dan switch control.

Sedangkan jantung pacunya, Ignis menggunakan mesin K12M beerkapasitas 1.2 liter DOHC 4 silinder yang menyemburkan tenaga hingga 82 HP dan torsi 113 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan 2 sistem transmisi yaitu manual percepatan dan AGS percepatan.

Suzuki membandrol Ignis dengan rentang harga Rp 157 juta hingga Rp 186 juta.

2. All New Daihatsu Sirion

All New Daihatsu Sirion (Astra Daihatsu Motor)

Dari produsen Jepang lainnya yang bermain di segmen city car ini ada Daihatsu All New Sirion. Mobil ini bisa dibilang memiliki dimensi yang terpanjang di kelasnya. Dimensi dari mobil ini sendiri yaitu, panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm.

Pada bagian eksterior, All New Sirion mayoritas didominasi oleh aksen krom seperti pada bagian grille depan dan foglamp. Lampu depan telah mengadopsi teknologi 'follow me home & levelling adjuster. Sementara pada lampu belakang dan lampu spoiler belakang juga telah mengadopsi lampu LED.

All New Daihatsu Sirion menggunakan pelek alloy berwarna hitam dengan ukuran 15 inci. Beranjak ke bagian interior, Daihatsu All New Sirion telah dilengkapi beragam fitur sperti headunit 2 din touchscreen, pengaturan AC secara digital, audio steering switch, start/stop button , dan cluster instrument dengan LCD MID.

Pada sektor mesin, Daihatsu membekali mobil ini dengan mesin 1NR-VE berkapasitas 1.3 liter DOHC 4 silinder. Mesin tersebut meletupkan tenaga hingga 94 dk dan torsi 119 Nm yang selanjutnya akan dikawinkan dengan 2 sistem transmisi, yaitu; manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Harga dari Daihatsu All New Sirion saat ini yaitu Rp 187 juta untuk transmisi manual dan Rp 198 juta untuk transmisi otomatis.

3. Hyundai Grand i10

Hyundai Grand i10 (Hyundai Indonesia)

Hyundai juga memiliki 1 mobil untuk segmen city car pada diri Grand i10. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.765 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.525 mm.

Dari segi tampilan, memang Grand i10 cenderung memiliki desain tampilan yang biasa saja. Pada bagian depan, mobil ini telah menggunakan lampu DRL di bagian bawah. Bagian belakang juga telah dilengkapi oleh reflektor di bagian bemper dan lampu LED di bagian High Mount Stop Lamp. Grand i10 menggunakan pelek berukuran 14 inci berwarna hitam.

Beranjak ke bagian interior, mobil ini telah dilengkapi dengan jok semi bucket dan switch MID di bagian kemudi. Sayangnya, untuk head unit mobil ini masih menggunakan model 2 DIN biasa (belum touchscreen) yang hanya mensupport CD, Radio dan USB saja.

Grand i10 menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.3 liter DOHC 4 silinder dan menyemburkan tenaga hingga 86 dk dan torsi 120 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan 2 sistem transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis shiftronic

Sayangnya, tidak banyak fitur yang tersemat pada mobil ini. Hyundai membandrol mobil ini dengan rentan harga mulai dari Rp 183 juta hingga Rp 206 jutaan.

Pemain di segmen city car ini memang terbilang cukup sepi, tercatat beberapa pabrikan belum lagi mengeluarkan versi terbaru dari city car mereka bahkan ada juga yang memutuskan untuk menyetop produksi city car mereka, seperti Mitsubishi Mirage, Nissan March, Chevrolet Spark, dan Toyota Etios Valco.

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR