HOME » BERITA » MELUNCUR TAHUN 2019, TOYOTA AVANZA ANYAR BISA BIKIN GEMETAR PESAINGNYA

Meluncur Tahun 2019, Toyota Avanza Anyar Bisa Bikin Gemetar Pesaingnya

Jum'at, 04 Januari 2019 15:45 Editor : Dini Arining Tyas
Toyota Avanza Veloz 2019 (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Sejak Selasa (1/2/2019), publik digegerkan dengan wujud Toyota Avanza versi terbaru, juga saudara kembarnya Daihatsu Xenia. Wajah depan mobil sejuta umat ini tampak benar-benar berbeda.

Jika dirunut ke belakang, Toyota Indonesia sudah seharusnya memberikan versi terbaru untuk raja MPV ini. Sebab sejak diluncurkan pada 2011 silam, Avanza tak banyak mendapatkan perubahan, selain peluncuran major change Avanza tiga tahun lalu, pada 2015.

Ceruk pasar MPV di Indonesia pun makin banyak pemainnya dengan tampilan segar. Sebut saja Suzuki Ertiga generasi kedua, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero, selain juga ada Honda Mobilio. Jika Toyota atau Daihatsu tak segera memberikan penyegaran untuk duo Avanza-Xenia, bisa saja loyalisnya berpindah.

Maka itu, pasar Toyota Avanza semakim tertekan, setelah merajai segmen low MPV di Indonesia sejak 2004. Menurut data Gaikindo, data penjualan Avanza secara wholesales selama Januari-Juni 2018 tercatat sebanyak 39.455 unit, kalah tipis dengan Xpander sebanyak 39.948.

Avanza-Xenia tahun 2019 (Merdeka.com)

Namun demikian, Avanza kembali menunjukkan taringnya pada periode Januari-Oktober. Avanza kembali mengungguli Xpander dengan penjualan sebanyak 67.940 unit. Sementara Xpander hanya mampu 66.125 unit.

Sementara itu, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, pernah mengatakan Toyota Indonesia minimal merilis enam model baru pada 2019 seperti tahun lalu. Keenam model baru itu ada yang improvement, minor change, full model change, atau new model.

"Ya dihitung saja," ujar Soerjo saat ditemui wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, pada Desember lalu, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Hanya saja Soerjo tak banyak memberikan bocoran soal kapan waktu peluncuran model baru Avanza. Dia hanya menekankan bahwa akan ada model baru untuk segmen small MPV Toyota. Bahkan dia menyebutkan bahwa akan ada komunitas mobil lom MPV baru di Toyota Indonesia.

Ternyata saat ditelusuri Merdeka.com, model baru low MPV toyota ini juga menyasar Avanza veloz, yang menggunakan mesin 1.500cc, sama dengan Xpander. Tampaknya merek Veloz akan ditingkatkan brand awareness-nya, agar enak head-to-head dengan Xpander, sebab memiliki kapasitas mesin yang sama.

Selama ini Veloz memang berada di bawah bayang-bayang merek Avanza sebagai mobil low MPV Toyota. Mereknya tidak pernah benar-benar keluar menjadi merek mobil low MPV Toyota yang memiliki kesan sporty lebih kuat dibandingkan Avanza. Tak heran, penjualannya pun tidak menonjol.

Periode Januari-April 2018, Velos 1.5 MT BMC hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 3.840 unit dan Veloz 1.5 AT BMC hanya sebanyak 1.638 unit. Jika ditotal, Toyota Avanza varian mesin 1.500 cc dan Veloz mencatat penjualan 6.015 unit.

Jumlah tesebut hanya memberikan kontribusi sebesar 21 persen terhadap total penjualan Toyota Avanza. Kontribusi terbesar masih varian mesin 1.300 cc.

Jika Veloz juga mendapatkan penyegaran baik sisi desain dan spesifikasi, bisa jadi model anyar Veloz bisa menyaingi Xpander yang sangat sporty. Didukung dengan nama besar Toyota di mata konsumen Indonesia dan jaringan Astra International, bukan tak mungkin hal tersebut bisa mendongkrak penjualan Veloz.

Kedua faktor tersebut merupakan kekuatan besar Toyota Indonesia, yang tidak dimiliki Mitsubishi Motors Indonesia. Dengan begitu, label mobil sejuta umat mungkin masih bisa diemban oleh Toyota Avanza pada 2019.

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR