HOME » BERITA » MEMAHAMI FUNGSI THERMOSTAT MOBIL DAN CARA KERJANYA

Memahami Fungsi Thermostat Mobil dan Cara Kerjanya

Begini fungsi thermostat mobil dan cara kerjanya. Simak selengkapnya!

Jum'at, 13 Mei 2022 21:30 Editor : Ahmad Muzaki
Memahami Fungsi Thermostat Mobil dan Cara Kerjanya
Ilustrasi mobil (Istimewa)

OTOSIA.COM - Thermostat merupakan sebuah komponen yang menempel pada mobil dan harus benar-benar dijaga agar ketahanannya awet. Jika Otolovers merupakan pecinta otomotif, tentu sudah tidak asing bila mendengar komponen ini.

Perlu diketahui bahwa fungsi dari komponen yang satu ini sangat penting bagi mobil. Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut adalah fungsi dari thermostat.

1 dari 3 Halaman

Fungsi Thermostat Mobil

Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mengatur cairan pendingin. Sebagai part yang tergabung dalam pendingin, thermostat dapat mencegah mesin mengalami overheat supaya suhu mesin tetap stabil. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun komponen ini berdampak besar pada kinerja suatu mobil.

Perlu diingat jika part ini tidak boleh melepasnya dengan sembarangan, karena dapat berdampak buruk bagi mobil. Untuk menunjang kinerjanya, thermostat memiliki 2 katup logam dengan fungsi berbeda. Kedua katup tersebut adalah buka dan tutup dengan fungsi mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang berada di radiator.

Dikarenakan fungsinya yang mengatur cairan pendingin, sehingga efek yang ditimbulkan adalah mesin mobil akan bertenaga besar. Tentunya jika mobil tak dipersenjatai komponen ini maka tenaganya akan berkurang.

2 dari 3 Halaman

Cara Kerja Thermostat

Seperti komponen lainnya, thermostat memiliki cara kerjanya sendiri. Cara kerja dari part ini adalah dengan mengikuti komponen lainnya yang berada dalam sistem pendingin mobil. Pertama-tama, water pump akan memompa air menuju ke mesin. 

Sesaat setelah dipompa, air akan melewati water jacket atau aliran air di sekeliling mesin mobil. Air pendingin tersebut menyebabkan suhu panas pada mesin keluar melalui selang hingga masuk pada radiator.

3 dari 3 Halaman

Apabila suhu sudah berada di 85 hingga 90 derajat celcius, maka katup thermostat akan membuka. Begitu pula dengan sebaliknya, saat suhu mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis.

Demikian, fungsi thermostat mobil yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR