HOME » BERITA » MEMBANDINGKAN KEMAMPUAN TOYOTA SUPRA DAN BMW Z4 YANG PAKAI MESIN SAMA

Membandingkan Kemampuan Toyota Supra dan BMW Z4 yang Pakai Mesin Sama

Tanggal 14 januari 2019 menjadi sejarah baru bagi Toyota Supra. Sudah 17 tahun berlalu tanpa kabar, akhirnya kini generasi teranyarnya pun menjalani debut dunia.

Rabu, 16 Januari 2019 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
BMW Z4 Roadster (Response.jp)

OTOSIA.COM - Tanggal 14 januari 2019 menjadi sejarah baru bagi Toyota Supra. Sudah 17 tahun berlalu tanpa kabar, akhirnya kini generasi teranyarnya pun menjalani debut dunia.

Toyota Supra 2020 sendiri dikembangkan Toyota yang bekerjasama dengan pabrikan otomotif Jerman, BMW. Kerjasama ini dilakukan melalui penggunaan mesin yang sama antara Toyota Supra dan BMW Z4 Roadster.

Toyota Supra 2020 (Autoindustriya)

Keduanya memiliki spesifikasi mesin yang sama, tapi dengan tuning yang berbeda sesuai dengan masing-masing pabrikan. Mesin 3.0L inline 6-silinder turbocharged menjadi sumber tenaga keduanya.

Jika keduanya menggunakan mesin yang sama, lalu apakah tenaga dan akselerasinya sama?

BMW Z4 Roadster (Response.jp)

Melansir Response.jp, BMW Z4 Roadster ini juga meluncur di hari yang sama dan tempat yang sama, di Detroit, dengan Toyota Supra. BMW Z4 Roadster dengan spesifikasi Amerika Serikat itu memiliki tenaga maksimum 382 hp dan torsi maksimum 51 kgm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan. BMW Z4 juga mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 3,9 detik.

Sementara mesin yang sama yang dipakai Oleh Toyota Supra menghasilkan tenaga 335 hp dan torsi maksimum 50,5 kgm, yang disalurkan melalui transmisi yang sama, otomatis 8-percepatan. Soal akselerasinya, Supra butuh waktu 4,1 detik untuk mencapai 0-100 kpj.

Dengan begitu, artinya BMW Z4 Roadster masih memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang saudara beda pabriknya. Akselerasinya pun lebih cepat 0,2 detik ketimbang Supra.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR