HOME » BERITA » MEMBONGKAR KEUNIKAN MESIN VR6 MILIK VW

Membongkar keunikan Mesin VR6 Milik VW

Kamis, 13 April 2017 18:15

Membongkar keunikan Mesin VR6 Milik VW
Foto: YouTube
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Di industri otomotif, mesin dengan 6 silinder sering dianggap sebagai alternatif terbaik untuk digunakan pada sebuah mobil, karena menawarkantenaga dan efisiensi bahan bakar yang berimbang.

Nah, 2 konfigurasi mesin 6 silinder sendiri ada macam-macam, dan susunan yang paling populer adalah 6 silinder segaris dan V6.

Mesin 6 silinder segaris sebenarnya sempat populer di media tahun 1990-an, dengan pengaplikasian yang paling populer pada Nissan Skyline GT-R, BMW M3, dan lain sebagainya.

Sedangkan jantung penggerak dengan konfigurasi V6 tergolong menjadi pilihan di era 2000-an berkat ukurannya yang ringkas, seperti yang terdapat pada Honda NSX.

Namun, selain kedua konfigurasi tersebut, produsen mobil asal Jerman, Volkswagen, memiliki konfigusari unik yang disebut VR6.

Mesin VR6 adalah konfigurasi mesin pembakaran dalam yang terdiri dari 6 silinder. Mesin ini dikembangkan oleh produsen Jerman Grup Volkswagen di akhir 1980-an.

Mesin ini mirip dengan Mesin V, hanya saja antar cabang silindernya dibuat sudut lebih lancip, sekitar 10.6 atau 15 derajat, dibandingkan dengan sudut 45, 60, atau 90 seperti yang biasa ditemukan di mesin V.

Nama mesin VR6 berasal dari kombinasi Mesin V (bahasa Jerman: V-motor), dan kata bahasa Jerman "Reihenmotor" (artinya mesin segaris).

Mesin VR6 khusus dikembangkan untuk mobil ber-mesin transverse yang menggunakan penggerak roda depan. Dengan menggunakan sudut lancip 15 di antara 2 "baris" di mesin ini, maka memungkinkan Grup Volkswagen untuk memasang mesin 6 silinder mereka di blok mesin 4 silinder.

Karena sudutnya yang sangat kecil, maka mesin jenis ini hanya membutuhkan satu cabang silinder dan satu kepala silinder, dimana mesin V membutuhkan 2 cabang silinder dan 2 kepala silinder terpisah. Hal ini membuat konstruksi mesin menjadi lebih simpel dan akhirnya memotong biaya produksi.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER