HOME » BERITA » MENCAKAR DAN MENGGIGIT, BAGAIMANA CARA MENGHENTIKAN KEBIASAAN KUCING INI?

Mencakar dan Menggigit, Bagaimana Cara Menghentikan Kebiasaan Kucing Ini?

Cari tahu caranya yuk!

Selasa, 19 Januari 2021 21:23 Editor : Zaki
(c) shutterstock

OTOSIA.COM - Dalam tumbuh kembangnya, anak kucing memang belajar menggigit dan mencakar sebagai caranya untuk memahami penggunaan cakar dan gigi yang tepat. Sayangnya, tak sedikit cat owner yang mengeluhkan kebiasaan itu terbawa hingga kucingnya cukup dewasa. Jika ingin terbebas dari derita gigitan dan cakaran yang tajam, sebaiknya jajal beberapa cara jitu berikut ini.

Trimming kukunya

(c) shutterstock

Salah satu cara ampuh untuk mencegah risiko tercakar kucing adalah memotong kukunya secara teratur. Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, persiapkan gunting kuku khusus untuk hewan peliharaan dan jaga kucing tetap tenang agar terhindar dari risiko memotong kukunya terlalu dalam dan mengalami trauma.

Alihkan perhatiannya

(c) shutterstock

Menggigit tangan atau kaki sering dilakukan oleh kucing saat bermain, terutama saat sedang dilanda bosan. Alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain atau sediakan tiang garukan yang sekaligus membantu menjaga kukunya tetap pendek.

Jika kucing menjadi terlalu agresif, hentikan permainan dan menjauh dari hewan peliharaanmu. Abaikan selama 5-10 menit dan pastikan untuk melakukan ini setiap kali kebiasaan buruk itu muncul.

Katakan tidak

(c) shutterstock

Miliki satu kata yang dipakai untuk mengoreksi hewan peliharaanmu dan gunakan secara konsisten. Hindari berteriak tapi ucapkan dengan nada keras dan jelas. Awalnya kucing mungkin akan terkejut, tapi cara ini efektif mematahkan fokusnya saat berusaha menggigit atau mencakarmu.

Jika belum berhasil, pegang kucing di tengkuknya lalu angkat dan pindahkan ke area lain di rumah. Meniru hukuman yang diberikan oleh induknya, tips ini hanya boleh dilakukan dalam keadaan yang parah untuk menghentikan perilaku kucing yang dapat menyakitimu. Setelah kucing memahami apa yang dmaksud, baru alihkan perhatiannya pada mainan atau media cakar yang tepat.

Bermain bersama kucing tanpa takut terkena cakar atau gigitannya bukan hal yang mustahil, asal latihan dilakukan secara konsisten. Jangan lupa berikan hadiah saat kucing menggunakan mainan atau tiang cakar dengan semestinya, salah satunya memberikan cat food sebagai treat.

Jangan sembarangan memilih cat food, jatuhkan pilihanmu pada Muezza. Cat food berkualitas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar kucing terjaga tetap sehat, baik sistem pencernaan, reproduksi hingga kulit dan bulunya yang indah. Bukan hanya itu saja, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

(c) instagram/dastlunacat

Selain jadi jaminan sehat, label halal ini juga bikin pemilik kucing bebas khawatir saat tak sengaja terkena liur kucing, membersihkan alat makan, memberikan cat food secara langsung atau membawanya selama bepergian. Punya 4 varian rasa dan aroma yang bisa dipilih, segera dapatkan Muezza di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/mki)

BERI KOMENTAR