HOME » BERITA » MENCICIPI DUA LAP ALL NEW NINJA 250 DI SENTUL

Mencicipi Dua Lap All New Ninja 250 di Sentul

Sabtu, 13 Januari 2018 12:15

Mencicipi Dua Lap All New Ninja 250 di Sentul
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengundang awak media dan segelintir anak komunitas untuk menguji All New Ninja 250. Motor sport tulen yang diluncurkan bertepatan dengan gelaran Kawasaki Bike Week di Ancol bulan November 2017 akan mulai distribusikan kepada pemesan pada Januari 2018.

Sebelum motor dengan dapur pengolah tenaga 250 cc sampai ke tangan pelanggan, KMI terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada media merasakan sensasinya di sirkuit internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/1).

Keluarga baru Ninja dengan konsep rancang bangun mengadopsi trah Ninja ZX-10R dan H2 ini memiliki segudang keunggulan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Secara dimensi, terlihat lebih kompak.

Kesan pertama sejenak sebelum Otosia.com menjajal muntahan tenaga di lintasan Sentul, desain baru sadel memberikan posisi duduk lebih ergonomis dengan genggaman model setang jepit, bahkan lebih membungkuk dari generasi sebelumnya. Dengan postur 165cm, kaki masih cukup leluasa menjejak tanah.

Bentuk baru tangki bensin yang sekilas terlihat seperti Ninja RR Mono dipadu rancangan lekukan fairing memberikan ruang yang nyaman untuk kaki saat berkendara mengikuti alur lintasan Sentul. Dengan kondisi pijakan kaki pengendara masih standar, terasa kurang pas saat mencicipi tikungan. Sedikit perubahan pada step, tentu bisa lebih menyenangkan bagi pecinta cornering.

Dimensi dan bobot kuda besi pacu yang lebih ringan dibanding model sebelumnya memberikan kelincahan saat diajak bermain di tikungan berkat ubahan pada konstruksi rangka model twin spar yang menuruni darah Ninja H2.

Perubahan pada ukuran sumbu roda menjadi lebih pendek dan konstruksi mesin yang lebih kompak namun lebih bertenaga 7 PS dibanding Ninja 250 lama. Ini yang menjadi kunci All New Ninja 250 terasa angka speedo meter memutar lebih cepat dibanding model tahun 2017.

Kombinasi cantik dimensi dan muntahan tenaga All New Ninja 250 dibejek gas hingga menyentuh angka 165 km/jam di trek lurus Sentul. Angka lebih besar tentu bisa dicapai oleh para juara dunia WSBK 2018 Jonatahn Rea, yang turut menjajal All New Ninja 250.

Dengan posisi berkendara merunduk, pada kecepatan tinggi motor tidak ada gejala limbung. Bahkan pada lintasan lurus sengaja digoyang motor tetap mudah dikendalikan. Sayang karena masih menggunakan ban standar pabrikan, saat merasakan tikungan ban terasa kurang maksimal mencengkeram aspal.

Pembaruan pada ukuran kopling lebih ringkas dari ukuran diameter 139 mm menjadi 125 mm menjadikan tarikan handel kopling terasa lembut dari model pendahulunya. Menurut KMI, perubahan ini membuat kopling lebih ringan 20 persen. Dukungan fitur assist & slipper clutch memberikan tambahan keamanan mencegah roda belakang selip pada saat melakukan penurunan gigi percepatan secara mendadak.

Fitur baru paling terasa pada rancangan kokpit, perpaduan model analog dan digital pada masing-masing kluster memberikan kemudahan informasi kepada pengendara. Dengan bentuk yang unik masing-masing kluster informasi dapat dengan mudah dilihat pengendara. Simpel tapi sangat berguna, apalagi pada saat kecepatan tinggi.

Tambahan fitur colokan gadget cukup memberikan kemudahan untuk mendukung aktifitas . Fitur ini menjadi nilai tersendiri yang sudah menjadi tuntutan jaman. Aktifitas biker tidak bisa dilepaskan dari gadget. Ini tentu sejalan dengan kondisi saat ini, dimana motor sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Serangkaian inovasi pada sisi rancang bangun yang menghasilkan motor kompak dan bertenaga dengan posisi riding ergonomis, sarat dibekali beragam fitur. Otosia menempatkan All New Ninja 250 pada pilihan nomor satu motor sport tulen kelas 250cc sebagai pendamping aktifitas dan gaya hidup bagi anak muda.

 (kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER