HOME » BERITA » MENENGOK NASIB PROTON IRIZ DI INDONESIA YANG PUNYA VERSI BARU DI MALAYSIA

Menengok Nasib Proton Iriz di Indonesia yang Punya Versi Baru di Malaysia

Proton Iriz di Indonesia sepertinya tak punya masa depan baik, mengingat penjualannya yang semakin kecil. Tapi, di negara asalnya, Proton Iriz baru saja mendapatkan versi facelift.

Jum'at, 01 Maret 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Proton Iriz Facelift (Paultan)

OTOSIA.COM - Produsen mobil asal Malaysia,Proton, memamerkan versi facelift hatchback Iriz. Dilansir dari Paultan, Proton Iriz 2019 ini memiliki tampilan depan yang nampaknya terinspirasi dari Proton X70.

Terlihat desain grille-nya kini memiliki perpaduan aksen krom yang menyatu dengan bagian atas lampu depan. Iriz facelift ini juga diberikan sebuah bemper baru yang dilengkapi DRL LED pada sudut bawah.

Pada bagian samping, perubahan hanya terjadi pada penggunaan pelek baru berukuran 15 inci yang berbalut warna two-tone serta hadirnya antena shark fin di bagian atap belakang.

Serupa dengan bagian depan, bagian belakang mobil ini juga tampak mirip dengan X70, dengan badge tulisan Proton berwarna krom yang diletakkan di bagasi bagian tengah. Bagian belakang juga tak luput dari pemberian bemper baru yang dilengkapi oleh lampu kabut belakang dan intake palsu di masing-masing sudut bawah.

Sementara pada bagian dalam, perubahan paling mencolok yaitu pemberian warna gelap. Head unitnya kini menggunakan layar berukuran 7 inci yang telah terkoneksi dengan berbagai layanan serta sistem navigasi dan cuaca.

Paada kluster instrumen, Iriz facelift ini memiliki tampilan segar pada bagian layar multi-infonya dengan tampilan penuh warna. Untuk varian teratas akan dilengkapi dengan tombol pengatur volume head unit pada bagian setirnya.

Proton masih mempercayakan mesin lama Iriz yang diklaim kini lebih irit dibandingkan sebelumnya. Proton Iriz memiliki 2 pilihan mesin yaitu, VVT empat silinder berkapasitas 1.3 liter dan menghasilkan tenaga 94 hp dan torsi 120 Nm serta mesin berkapasitas 1.6 liter yang menghasilkan tenaga 107 hp dengan torsi 150 Nm.

Kedua mesin tersebut akan didukung oleh dua pilihan sistem transmisi yaitu manual lima percepatan dan otomatis CVT. Untuk Proton Iriz facelift ini akan tersedia dalam lima varian yaitu MT 1.3L Standar, CVT 1.3L Standar, CVT Eksekutif 1.3L, CVT Eksekutif 1.6L, dan Premium 1.6L CVT

Pihak Proton mengatakan bahwa Iriz facelift ini telah mengalami beberapa pengembangan seperti kinerja pengereman, peredaman yang lebih baik, getaran yang lebih sedikit, dan kekerasan suspensi.

Proton Iriz sebenarnya juga dipasarkan di Indonesia. Hanya saja penjualannya tak bagus. Tahun 2018, Iriz hanya terjual 12 unit.

Tak hanya soal penjualan, dealer dan APM Proton pun saat ini bisa dibilang tidak jelas, ada atau tidak. Tapi, beberapa waktu lalu terlihat Proton masih memasarkan Iriz lama di salahs atu Mall di kawasan Cinere, Depok.

Lalu apakah nanti versi facelift ini bakal diboyong ke Indonesia? Mari tunggu saja kabar selanjutnya.

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR