HOME » BERITA » MENENGOK PERJALANAN TOYOTA YARIS DARI MASA KE MASA

Menengok Perjalanan Toyota Yaris dari Masa ke Masa

Toyota Yaris menjadi salah satu andalan Toyota Indonesia. Mobil hatchback ini menjadi salah satu mobil populer yang ada di Indonesia.

Sabtu, 05 September 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Menengok Perjalanan Toyota Yaris dari Masa ke Masa
Toyota Yaris (TAM)

OTOSIA.COM - Toyota Yaris menjadi salah satu pemain hebat di segmen compact hatchback di Tanah Air. Lihat saja populasinya di jalanan, sangat mudah ditemui.

Itu bisa disebut menjadikan pesaing Honda Jazz ini sebagai mobil yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Beberapa kali Toyota Yaris mendapatkan ubahan, baik sebagian hingga secara keseluruhan atau biasa disebut dengan istilah all-new.

Jika Otolovers belum tahu, Toyota Yaris generasi pertama diboyong ke Indonesia pada tahun 2006. Dilansir dari laman Auto2000, kala itu, Yaris memiliki desain yang serba membulat untuk mengutamakan unsur dinamis.

1 dari 5 Halaman

Asal Usul Generasi Pertama

Auto2000.co.id

Toyota Yaris sendiri merupakan penerus dari Toyota Starlet yang pernah menjadi primadona pada era 1980-an di kelas yang sama. Generasi pertama Toyota Yaris dibekali mesin berkapasitas 1.500cc berkode 1NZ-FE dengan teknologi VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mesin ini kemudian disalurkan ke roda depan.

2 dari 5 Halaman

Penyegaran Toyota Yaris

Selang beberapa tahun kemudian, Toyota pun mulai sedikit memberikan penyegaran pada tampilan Yaris. Tepatnya pada tahun 2009, Yaris facelift pun dihadirkan dengan ubahan pada bumper depan, gril, dan lampu belakang.

Selain itu juga muncul Toyota Yaris TRD Sportivo yang berbasis tipe J. Model ini mendapatkan tambahan body kit dan suspensi sport dan tersedia hanya dalam transmisi manual.

Lalu, penyegaran kedua Toyota Yaris dilakukan pada tahun 2012. Saat itu Yaris mendapatkan ubahan minor di bagian bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang.

3 dari 5 Halaman

Generasi Kedua

Pada taun yang sama, Toyota Yaris generasi kedua pun dilahirkan. Desainnya sudah berubah total, menjadi lebih sporty dengan sudut-sudut yang cenderung tajam.

Versi baru yang hadir tahun 2012 ini juga sudah sepenuhnya dirakit di dalam negeri. Ada tiga tipe, yaitu E, G, dan TRD Sportivo yang tersedia dalam piihan transmisi manual dan otomatis. Mesinnya masih sama, yakni 1.500cc VVT-i.

4 dari 5 Halaman

Mesin Baru

Empat tahun kemudian, pada 2016, mesin Toyota Yaris pun diganti. Toyota membekali Yaris dengan mesin buatan Toyota Indonesia, berkapasitas 1.500cc dengan kode 2NR-FE dual VVT-i.

Pada tahun 2016 ini juga muncul varian khusus Toyota Yaris Heykers. Model ini memiliki ground clearance yang lebih tinggi, body cladding dan ornamen over fender khas crossover.

5 dari 5 Halaman

Model Saat Ini

Auto2000.co.id

Hingga pada awal 2018, Toyota Yaris kembali berubah bentuk. Yaris mendapatkan ubahan mayor yang membuatnya kian sporty dipadukan dengan fitur keselamatan yang diklaim unggul di kelasnya.

Mulai dari Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, 7 airbag dan rem ABS+EBD. Nah, model inilah yang hingga kini dijual oleh Toyota Indonesia.

BERI KOMENTAR