HOME » BERITA » MENENGOK WAJAH BMW SERI 7 DARI GENERASI KE GENERASI

Menengok Wajah BMW Seri 7 dari Generasi ke Generasi

Jum'at, 18 Januari 2019 19:15 Editor : Cornelius Candra
BMW Seri 7 lintas generasi (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Penampilan BMW Seri 7 terbaru memang cukup menimbulkan kontroversi lantaran terbilang aneh. Pasalnya, desain grille ini memiliki ukuran lebih besar dari biasanya.

Meski demikian, ada beberapa pihak yang justru menyukai desain baru dari gril BMW seri7. Tentunya pabrikan asal Jerman itu juga memiliki alasan tersendiri.

Dilansir dari Carscoops.com, desain grille ini memang sangat berbeda dari desain-desain sebelumnya dan lebih mirip mobil SUV jika dilihat dari depan. Hal itu sangat berbeda Seri 7 lainnya yang begitu kental dengan aura sedan.

Lalu bagaimana sebenarnya perjalanan BMW Seri 7 sejak kehadiran perdananya pada tahun 1977 silam?

1. Generasi Pertama, E23 (1977-1986)

E23 memiliki ciri khas sudut miring yang menyerupai profil hidung hiu. Kemunculan mobil ini merupakan pengganti sedan E3 lama.

Pada generasi pertama ini, Seri 7 sudah memiliki cukup banyak fitur seperti on-board computer, service interval indicator, dan climate control.

Bahkan BMW Seri 7 generasi pertama ini merupakan produk pertama yang menggunakan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) serta opsional airbag untuk pengemudi yang terdapat pada generasi pertama tahun 1985 dan setelahnya.

Pada varian facelift, BMW melakukan beberapa perubahan seperti mendesain ulang bentuk dari bumper dan memperlebar ukuran grille.

2. Generasi Kedua, E32 (1986-1994)

Dibandingkan dengan pendahulunya, E32 Seri 7 memiliki tampilan yang sangat berbeda. Pada generasi kedua ini, Seri 7 hadir dengan lebih banyak tekonologi di dalamnya. Tidak hanya itu, fitur keselamatan dan kenyamanan mobil ini juga mengalami beberapa peningkatan signifikan.

Beberapa fitur yang terdapat pada E32 ini yaitu antara lain electronic damper control, double glass, lampu depan Xenon, telepon terintegrasi dan pendingin wine.

Generasi kedua ini juga merupakan mobil pertama dari BMW Seri 7 yang memiliki opsi jarak roda lebih panjang serta pilihan mesin V12.

Seperti pendahulunya, E32 juga sempat mengalami facelift yaitu dengan ubahan pada desain grille depan, bumper depan yang lebih, serta kap mesin baru sehingga tampak lebih kokoh dan sporty.

3. Generasi Ketiga, E38 (1994-2001)

Banyak yang berpendapat bahwa desain BMW Seri 7 generasi ketiga ini adalah yang tertampan dibandingkan lainnya.

Selain itu E38 ini merupakan mobil pertama yang memperkenalkan fitur tirai airbag, serta dinobatkan sebagai sedan Eropa pertama bernavigasi satelit.

Tidak hanya itu, Seri 7 generasi ketiga ini merupakan mobil BMW pertama yang dilengkapi oleh TV built-in dan Seri 7 pertama yang memiliki pilihan mesin diesel.

Pada model facelift, BMW menampilkan sebagian besar perbaikan mekanis seperti lampu depan yang direvisi serta lebih banyak garis vertikal di grille yang berjumlah 12 dan bukan 10.

Desain lampu depan mobil ini juga tidak datar sempurna pada bagian bawah, melainkan melengkung ke bawah di sepanjang kluster yang juga akan membuat jalan ke penggantinya, mungkin BMW paling kontroversial yang pernah ada, E65.

4. Generasi Keempat, E65 (2001-2008)

Berbeda dengan pendahulunya yaitu E38, E65 ini justru dinilai memiliki tampilan yang 'terburuk' karena dibekali desain lampu yang terkesan aneh dengan garis lengkungan ke bawah yang mungkin tidak semua orang menyukainya.

Beberapa perubahan tersebut yaitu mengubah desain dari lampu depan, memberikan bentuk kap mesin baru, menampilkan grille yang lebih besar, serta merancang ulang bagian belakang mobil ini.

Terlepas dari tampilannya yang cukup menimbulkan pro dan kontra, sebenarnya mobil ini menawarkan kemewahan yang komplet di kelasnya. E65 ini sudah dilengkapi girboks otomatis 6 percepatan, electronic smart key, night vision, sistem iDrive dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, E65 ini memiliki sisi positif lain yaitu dimensi yang lebih panjang, lebih luas, lebih tinggi dan memiliki wheelbase lebih besar dari E38.

5. Generasi Kelima, F01 (2008-2015)

Setelah di generasi keempat BMW dianggap gagal menghadirkan Seri 7 yang berkarakter, selanjutnya perubahan besar pun dilakukan pada Seri 7 generasi kelima. Perubahan tersebut yaitu dengan menegaskan kemewahan ala Seri 7.

Selain itu, F01 ini merupakan mobil pertama BMW yang menggunakan rear wheel steering, girboks 8 percepatan, fitur pengenalan pejalan kaki untuk sistem night vision, pemantau blind spot, radar cruise control, serta fungsi pijat pada jok belakang.


6. Generasi Keenam, G11 (2015-Sekarang)

Tampilan mobil ini juga mendapatkan beberapa perubahan seperti grille depan yang dilengkapi dengan lubang udara. Lubang tersebut dapat terbuka hanya ketika membutuhkan peningkatan asupan udara.

7. Generasi Ketujuh

Pada generasi terbarunya, BMW Seri 7 memiliki desain yang cukup menimbulkan kontroversi. Hal tersebut tidak terlepas dari perubahan signifikan pada tampilan depannya.

Generasi ketujuh dari Seri 7 ini memiliki desain grille depan yang sangat besar, mungkin terbesar di antara model yang pernah ada sebelumnya.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR