HOME » BERITA » MENERKA-NERKA TREN MODIFIKASI MOBIL 2020

Menerka-Nerka Tren Modifikasi Mobil 2020

Akan seperti apa tren modifikasi mobil di tahun 2020?

Rabu, 01 Januari 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
Menerka-Nerka Tren Modifikasi Mobil 2020
Mobil modifikasi (Cartoq.com)

OTOSIA.COM - Modifikasi mobil di Indonesia terus berkembang seiring zaman. Kontes-kontes modifikasi masih bergulir dengan peserta yang beragam. Saat 2019 sudah berlalu, lantas seperti apakah modifikasi di tahun 2020?

Bicara mobil modifikasi, Indonesia pernah diramaikan oleh tren mobil-mobil ekstrim hingga yang simpel dengan fokus roda miring dan ceper "stance".

Mobil-mobil ekstrim seperti sedan kepala dua hingga mobil delapan ban tidak ketinggalan mewarnai kontes modifikasi. Namun jika bicara tren, beberapa sumber bisa dinukil termasuk dari rumah modifikasi, salah satunya modifikator Reza "Absolute".

Menurutnya, tren atau minat tinggi pegiat modifikasi justru belakangan banyak ke arah stance.

"Tren 2018-2019 masih stance, proper car. Dari Aceh, Bekasi, Surabaya Yogyakarta, ditowing kemari," ujar Reza yang membuka workshop-nya di Solo, Jawa Tengah.

Di bengkelnya yang mengutamakan kerapihan pengerjaan, terutama untuk fitment hingga suspensi udara, banyak customernya yang datang memang untuk kontes. Dari sini ia melihat bahwa para pelanggannya tersebut mengejar fungsi modifikasi sekaligus sebagai kendaraan yang masih memungkinkan digunakan harian.

"Misalnya chamber depan Honda Odyssey bisa sampai 20 derajat. Banyak yang masuk sini untuk fitment correction. Itu yang sudah kami punya hitungannya secara pasti. Semua itu harus kalibrasi, toe in toe out. Jadi meskipun chamber, mobil jalannya tetap enak," kata dia.

1 dari 1 Halaman

Menerka-Nerka Tren Modifikasi Mobil 2020

Soal modifikasi seperti mobil delapan ban, dia melihat bahwa wadah untuk modifikasi ekstrim seperti ini sudah minim.

"Extreme mungkin di Indonesia sudah kurang wadahnya ya. Ya mungkin kalau ini ada pengurangan. Roda delapan, sambung sasis, sudah enggak zamannya. Kalau di masa itu, mana yang paling banyak keluar duit, dia yang menang. Benar-benar fungsi atau enggak, kita enggak tahu. Sementara kalau modifikasi proper, pure ide. Konsep mungkin sama, tapi pasti ada inovasinya," urainya.

Di tahun 2020, dia menggambarkannya sebagai penghujung dari gaya baru modifikasi yang ada belakangan ini. Sekalipun demikian, gaya yang dianut menurutnya kemungkinan besar masih mobil-mobil proper stance yang ceper dengan gaya roda chamber.

"Ke depan masih proper, seenggaknya sampai 2021. Soalnya siklusnya yang kemarin 2018-2019 masih stance, kalau proper baru 2019. Kalau dari pengalaman saya, setiap dua tahun ada perubahan style. Ya mungkin bosan ya," kata dia.

BERI KOMENTAR