HOME » BERITA » MENGAJAK CHEVROLET TRAILBLAZER SEDIKIT BERPETUALANG

Mengajak Chevrolet Trailblazer Sedikit Berpetualang

Selasa, 28 Februari 2017 22:45

Mengajak Chevrolet Trailblazer Sedikit Berpetualang
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid Mobil Terkait : Mobil Chevrolet Trailblazer Dijual

Otosia.com sempat mencoba langsung SUV terbaru Chevrolet, yakni all new Trailblazer. Kami menjajal mobil bermesin 2,5L Duramax dengan Variable Geometry Turbocharger (VGT) melalui serangkaian medan di Sentul, Jawa Barat.

Sebelum memulainya, yuk kita tengok dulu tampilan SUV Chevrolet ini. Kesan bongsor khas muscle car tampaknya tetap dipertahankan General Motors pada eksterior.

Hanya saja, garis desainnya dibuat lebih sederhana dan tegas jika dibandingkan generasi sebelumnya, khususnya pada dual grille khas Chevrolet. Hasilnya kesan modern, masif dan dominan berhasil didapatkan. Sedangkan bagian samping hingga ke belakang, perubahannya tak terlalu banyak.

Beralih ke dalam interior, tampaknya Chevrolet melakukan penyusutan. Mengklaim pengembangannya berdasarkan masukan dari para konsumen, interiornya dibuat lebih kompak dan sederhana. Baik odometer maupun panel tengahnya tak lagi berlebihan seperti generasi sebelumnya. Kesan bulat pun dihilangkan Chevrolet, justru detail garis tegas menghiasi dashboard dan panel pintu.

Sektor lain yang kami perhatikan yakni masalah kekedapan. Mobil yang ditujukan untuk melibas karakter jalan yang berbeda-beda ini luar biasa kedap.

Suara ban menggesek jalan nyaris tak terdengar, begitu pula dengan suara mesin. Mengingat suara mesin disel biasanya lebih keras dibanding mesin bensin.

Memasuki Trailblazer, nafsu untuk melibas trek offroad langsung memacu. Mungkin hal ini disebabkan posisi berkendaranya yang tinggi layaknya SUV pada umumnya dan karakter mobil yang memang diperuntukkan untuk menjajal dua alam.

Kami pun tak perlu berlama-lama untuk bisa merasakan performanya. Menemukan jalan rusak yang dipenuhi beragam karakter, seperti kerikil, tanah merah baik yang keras maupun becek, kami langsung memacunya.

Mesinnya yang dipadukan teknologi Centrifugal Pendulum Absorber (CPA) torque converter, membuatnya lebih responsif saat memberikan injakan ringan pada pedal gas. Lonjakan tenaganya terasa naik bertahap dan halus.

Tampakya sistem transmisi otomatis yang disematkan Chevrolet berhasil mentrasnfer tenaga dari mesin ke ban dengan baik.

Tak hanya jantung pacunya, suspensi Trailblazer terbaru ini secara mengejutkan sangat nyaman. Ketakutan kami akan terpelanting saat melewati jalan rusak ternyata tak terjadi.

Bahkan kami mendarat cukup lembut ketika melewati gundukan cukup tinggi yang membuat mobil sedikit terbang.

Kemudinya terasa cukup stabil tak liar berputar ke sana kemari, serta ringan saat diputar, aura SUV pun seolah menghilang. Usut punya usut, Chevrolet ternyata melakukan penyempurnaan pada suspensinya dan adanya fitur Vehicle Stability Control.

Kemudahan berkendara Trailblazer ternyata tak jauh berbeda saat melibas jalan mulus. Mengambil tempat di sirkuit Sentul, mobil ini cukup lincah dan stabil ketika bermanuver di tikungan berbentuk S. Rasa limbung sebagai mobil berbadan besar dan tinggi tak terlalu terasa.

Menariknya Trailblazer terbaru juga disematkan fitur pemantauan tekanan ban. Dengan begitu, pengendara akan mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman dan maksimal hanya dengan fitur ini.

Fitur keamanannya pun banyak ditingkatkan, salah satunya Forward Collision Alert dan Side Blind Zone Warning. Untuk Forward Collision Alert, lampu peringatannya diletakkan di balik panel utama pengendara yang akan memantul di kaca depan, sehingga dapat dilihat si pengemudi.

Fitur lainnya seperti Rear Cross Traffic Alert sangat memudahkan ketika memundurkan mobil, mengingat mobil ini berbadan cukup besar.

Terakhir adalah Hill Descent Control yang secara otomatis akan menahan laju kendaraan ketika mobil berada di jalur menurun dan Hill Start Assist yang akan menahan kendaraan selama 3 detik ketika mobil berhenti di tanjakan.

 (kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-15
detail

BERITA POPULER