HOME » BERITA » MENGAPA BAN MOTOGP JUSTRU HALUS?

Mengapa Ban MotoGp Justru Halus?

Senin, 02 Juli 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto: instagram/MotoGP

OTOSIA.COM - Pernah dengar orang menyebut kembangan ban? Istilah tersebut paling sering dipakai oleh orang-orang untuk menyebut alur tapak pada ban.

Alur tapak ban ini bernama tread atau karet terluar pada permukaan. Melansir OTO.com, tread ini memiliki peran sangat penting karena bertanggung jawab terhadap kontak dengan jalanan.

Tread pada setiap ban berbeda-beda. Coba perhatikan, tread yang juga dikenal dengan groove pada istilah teknis ini, ada yang berpola segaris maupun silang-silang.

Begitu pula dengan kedalaman groove, masing-masing ban berbeda. Tentu, fungsi utamanya sebgai pengalir air saat jalanbasah sehingga kontak ban dengan permukaan jalan semakin optimal.

Artinya, semakin banyak groove dan dalam alurnya, maka akan mengurangi kontak dengan jalanan kering. Sedangkan semakin dangkal dan minim groove yang ada pada tread, semakin besar pula kontaknya dengan permukaan jalan, sehingga semakin tinggi daya cengkeramannya pada jalan kering.

Penjelasan tersebut juga menjawab rasa penasaran mengapa ban yang dipakai dalam balap MotoGP malah halus? Ban halus di MotoGP disebut dengan ban slick atau botak polos tanpa alur. Ban ini dipakai saat cuaca kering.

Nah otolovers, itu mengapa meskipun ban balap MotoGP halus tak terjadi selip. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka semakin sedikit tapak dan kedalaman ban, maka daya cengkeramnya akan semakin kuat.

Sumber: OTO.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR