HOME » BERITA » MENGAPA BUSI IRIDIUM TIDAK BOLEH DIGOSOK?

Mengapa Busi Iridium Tidak Boleh Digosok?

Busi iridium punya kualitas terbaik, tapi ternyata tidak boleh digosok. Mengapa demikian?

Senin, 11 Maret 2019 09:00 Editor : Redaksi Otosia
Ilustrasi busi Iridium (lapak911)

OTOSIA.COM - Busi iridium merupakan varian tertinggi dan diklaim memiliki kualitas terbagus dibandingkan dengan tipe busi lainnya. Berbeda dengan busi tembaga, moncong kaki iridium rupanya tidak boleh digosok untuk menghasilkan percikan api yang lebih baik. Mengapa demikian?

Menurut Amar, pemilik AHASS Asia Motor, ketika ditemui dalam acara kumpul bareng komunitas PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Honda yang dilaksanakan di Kota Batu, Jawa Timur, ujung kaki busi iridium punya kualitas hampir sepadan dengan emas putih.

"(Busi iridium) punya kualitas yang makin bagus karena ujungnya hampir sama dengan emas putih," tutur Amar.

Selain dibuat dari bahan berkualitas tinggi, lapisan iridium tersebut tidaklah tebal dan gampang sekali habis. Itulah sebabnya, ketika digosok, lapisannya akan hilang dan memperpendek umur busi.

"Makanya busi iridium tidak boleh digosok. Karena lapisan (di ujung kaki) sebenarnya sangat sedikit sekali," tegasnya.

Disamping memiliki elektroda dengan material berkualitas tinggi, Busi iridium juga memiliki ujung lancip yang disebut memiliki kemampuan paling bagus karena lebih fokus dalam menyalurkan bunga api.

"Fokus pengapiannya akan lebih bagus, karena sifat dari loncatan listrik akan mencari hambatan terendah," tambahnya lagi.

(kpl/red)

BERI KOMENTAR