HOME » BERITA » MENGAPA KEBANYAKAN MOBIL MENGGUNAKAN PENGGERAK RODA DEPAN?

Mengapa Kebanyakan Mobil Menggunakan Penggerak Roda Depan?

Jum'at, 19 Mei 2017 20:45

Mengapa Kebanyakan Mobil Menggunakan Penggerak Roda Depan?
Penggerak Roda Depan (c) car and driver
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Di era modern, banyak mobil yang lebih mempercayakan penggerak untuk mengirimkan tenaga ke roda depan.

Penggerak mesin depan banyak dipakai oleh kebanyakan mobil karena beberapa kelebihannya.

Murahnya penggerak roda depan menjadi alasan utama. Sistem mekanis pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit dan pemasangannya lebih mudah.

Karena hilangnya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang, bobot mobil lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin pada saat hujan.

Traksi lebih bagus pada jalan licin, karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan.

Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan. Dengan sistem penggerak roda depan, berat kendaraan terdapat di bagian depan.

Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi dan mobil jika berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan, dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang pada mobil.

Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cenderung untuk bergerak ke kiri atau kanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan.

Masalah mobil penggerak roda depan yang lain adalah rawan akan kerusakan pada penggerak roda.

Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-22
detail

BERITA POPULER