HOME » BERITA » MENGAPA MITSUBISHI HENTIKAN PRODUKSI LANCER EVOLUTION?

Mengapa Mitsubishi Hentikan Produksi Lancer Evolution?

Senin, 08 Mei 2017 20:45

Mengapa Mitsubishi Hentikan Produksi Lancer Evolution?
Foto: Mitsubishi
Editor : Fitradian Dhimas Mobil Terkait : Mobil Mitsubishi Lancer Dijual

Otosia.com - Saat Mitsubishi sedang getol-getolnya bertarung di ajang reli dunia, WRC, pada tahun 1991, pabrikan asal Jepang tersebut kebingungan saat akan menggantikan kedigdayaan Mitsubishi Galant VR-4.

Pada Oktober 1992, lahir lah Mitsubishi Lancer Evolution, yang hadir menggantikan posisi Galant VR-4 bertarung di ganasnya balap reli.

Selebihnya, mobil yang akrab dengan panggilan Lancer EVo, atau bahkan hanya Evo, digandrungi oleh banyak kalangan hingga produksinya berakhir pada Agustus 2016 silam.

Banyak yang menyayangkan memang, mengapa mobil yang melegenda dan banyak penggemar seperti Evo dihentikan produksinya, sedangkan sang rival, Subaru WRX, terus melenggang tanpa rival abadinya.

Diketahui, ada beberapa alasan dibalik tidak dilanjutkannya nama Lancer Evolution. Yang pertama, dari sektor penjualan. Meski memang penggemarnya banyak, namun sayangnya daya beli terhadap mobil yang dibidani Mitsubishi di pabriknya di Nagoya, Jepang tersebut dinilai terlalu rendah, sehingga tidak masuk akal bagi produsen berlambang 3 berlian tersebut untuk terus melanjutkannya.

Alasan kedua adalah sudah tidak cocoknya segmentasi Lancer Evolution dengan filosofi Mitsubishi, yang lebih mengedepankan mobil ramah lingkungan. Ditambah lagi dengan kandungan emisi yang dihasilkan oleh Evo dinilai terlalu tinggi, semakin memantapkan langkah Mitsubishi dalam menyuntik mati Lancer Evolution.

Lalu, kira-kira kapan Mitsubishi Lancer Evolution XI bakal meluncur? Sepertinya tidak akan ada lagi Lancer Evolution, mengingat Mitsubishi sendiri bakal membiarkan nama Lancer mati tanpa penerus pada bulan Agustus 2017 mendatang.

Satu-satunya harapan agar Lancer Evolution kembali hidup jika aliansi Nissan-Renault mengisi kekosongan tersebut dengan produk Renault, yang diberi lambang Mitsubishi.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER