HOME » BERITA » MENGAPA MOBIL BOROS BENSIN?

Mengapa Mobil Boros Bensin?

Salah satu keluhan para pemilik mobil umumnya berkutat pada konsumsi bahan bakar bensin yang menjadi boros. Lalu, apa kira-kira yang menjadi penyebabnya?

Minggu, 11 November 2018 15:24 Editor : Nurrohman Sidiq
Ilustrasi mengisi bahan bakar (internapcdn.net)

OTOSIA.COM - Faktor usia tentu saja akan berpengaruh terhadap komponen yang menyusun segala fungsi kendaraan. Umumnya, karena komponen yang aus kerap kali mengganggu performa sehingga kendaraan tidak lagi bisa bekerja optimal.

Salah satu keluhan para pemilik mobil umumnya berkutat pada konsumsi bahan bakar bensin yang menjadi boros. Lalu, apa kira-kira yang menjadi penyebabnya?

Menurut situs resmi Daihatsu Indonesia dalam Tips Sahabat, borosnya konsumsi bahan bakar sebuah mobil disinyalir akibat filter udara yang kotor.

Kotoran yang menumpuk pada aliran udara masuk akan menghambat performa terutama di bagian pacu sehingga memicu gejala 'ngelitik' atau knocking.

Penyebab borosnya mesin juga bisa disebabkan oleh kerak di ruang mesin.

Kerak mesin seolah menjadi momok yang memang akan muncul seiring dengan usia kendaraan. Munculnya kerak mesin tersebut dapat membuat volume ruang bakar menyempit sehingga mengurangi produksi tenaga.

Faktor ketiga ialah Nozzle Injector tersumbat. Karena memang ukuran lubangnya yang mungil, peranti ini rawan tersumbat yang sering mengakibatkan bensin lebih boros.

Terakhir, Piston dan Ring Piston yang aus juga kerap bikin mobil jadi boros. Apabila dua part tersebut terkikis, kompresi kendaraan dipastikan juga ikut berkurang yang kemudian berdampak pada penurunan performa mesin.

Ituah mengapa tarikan mesin jadi loyo tapi gelontoran bahan bakar justru lebih besar.

(kpl/sdi)

BERI KOMENTAR