HOME » BERITA » MENGENAL ANGGUNA, TRANSPORTASI LEGENDARIS SURABAYA DI ERA 90-AN

Mengenal Angguna, Transportasi Legendaris Surabaya di Era 90-an

Ternyata kota Surabaya pernah memiliki angkutan umum legendaris bernama Angguna

Rabu, 22 Juli 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Angguna, Transportasi Legendaris Surabaya di Era 90-an
Angguna (Brilio.net)

OTOSIA.COM - Saat ini sudah banyak transportasi umum yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Bukan hanya yang masih konvensional, tetapi juga modern, seperti ojek online (ojol).

Banyaknya pilihan angkutan umum yang ada, diharapkan pemakaian kendaraan pribadi bisa ditekan dan kemacetan dapat dihindari. Terutama di kota-kota besar, seperti Surabaya.

Berbicara Surabaya, ternyata kota yang berjuluk Kota Pahlawan ini pernah memiliki angkutan umum legendaris bernama Angguna. Untuk mengenal lebih jauh transportasi ini, berikut ulasannya yang dikutip dari Facebook Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

1 dari 3 Halaman

Mobil Wagon

Angguna merupakan singkatan dari 'angkutan serba guna'. Sesuai namanya, transportasi ini memang bisa digunakan untuk mengankut penumpang dan barang sekaligus.

Diketahui Angguna merupakan kendaraan model wagon. Namun di bagian belakang ada bak terbuka layaknya mobil pikap.

2 dari 3 Halaman

Beroperasi Sejak 1988

Angguna di Surabaya sudah berpoerasi sejak tahun 1988 silam. Di masa jayanya, yakni tahun 1992 angkutan ini jumlahya mencapai 150 unit. Namun seiring perkambangan zaman Angguna mulai tersisih dan tergantikan oleh transportasi lainnya.

Di kala itu Angguna memliki tarif sekali jalan yang lebih murah daripada taksi.

3 dari 3 Halaman

Dipajang di Museum Surabaya

Saat ini Angguna sudah dipajang di museum Surabaya. Bagi Otolovers yang mempunyai niat menengok nilai sejarah dari angkutan ini bisa langsung ke sana. Otolovers bisa menemukan Angguna di lantai 1 gedung Siola.

BERI KOMENTAR