HOME » BERITA » MENGENAL BEBEK 2-TAK YAMAHA LEGENDARIS DI INDONESIA

Mengenal Bebek 2-Tak Yamaha Legendaris di Indonesia

Selain RX-King, Yamaha punya motor bebek 2-tak legendaris yang populer di era tahun 1980-an dan 1990-an. Kini motor tersebut jadi incaran kolektor.

Senin, 18 Januari 2021 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Mengenal Bebek 2-Tak Yamaha Legendaris di Indonesia
Yamaha F1ZR jadi incaran kolektor 2-tak (eppbchannel.com)

OTOSIA.COM - Yamaha memiliki motor-motor bermesin dua langkah yang melegenda di zamannya. Di kelas sport, sebut saja TZM 150 dan 250, serta RX King. Nama terakhir adalah motor 2-tak paling populer dan memiliki banyak penggemarnya di Tanah Air.

Namun di luar motor laki, Yamaha pernah punya bebek 2-tak yang pernah terkenal dan melegenda di Indonesia. Bahkan hingga kini masih menjadi incaran para kolektor. Harganya pun makin membumbung lantaran tidak banyak lagi di pasaran.

Berikut adalah motor bebek 2-tak legendaris Yamaha di Indonesia:

1 dari 3 Halaman


Yamaha Force 1 dan F1ZR

Yamaha F1ZR biru (Istimewa)

Ini merupakan salah satu yang menjadi incaran pecinta dua tak. Dalam situs-situs jual beli online, F1ZR bahkan ditawarkan dengan harga Rp 20 juta.

Menilik sejarahnya, Yamaha Force 1 lahir tahun 1992-1994 . Motor ini pernah jadi idola anak-anak muda berseragam abu-abu putih karena sosok dan karakternya cocok dengan anak muda saat itu.

Mesinnya menggunakan Alfa series yang didongkrak kapasitasnya menjadi 110cc, dengan daya 10,5 hp dan mengadopsi sistem pendingin Yamaha Power Cooling System (YPCS).

Generasi berikutnya dengan tambahan "Z" di belakangnya hadir pada tahun 1996 atau dikenal dengan nama F1Z. Di tahun yang sama Yamaha merilis F1Z edisi spesial, dengan tambahan behel belakang dan kelir krom di beberapa bagian.

Selanjutnya Yamaha F1ZR hadir pada tahun 1997 dengan bodi sporti, terlebih Yamaha memberikan pilihan warna oranye berpadu grafis hitam. Ketika itu selain oranye, ada pilihan warna biru, merah dan putih, serta putih dan kuning.

Lalu pada tahun 2004, Yamaha menyegarkan tampilannya dengan livery special edition dan pelek racing.

Bersaing dengan Suzuki Satria 120, Yamaha F1ZR dipersejatai mesin berkapasitas 110,4cc dengan tenaga 11,8 hp pada 7.500 Rpm. Dengan kopling manual 4-percepatan, Yamaha F1ZR pernah jadi andalan pembalap nasional.

 

2 dari 3 Halaman

Yamaha Alfa dan Alfa Champ

Bebek stang ayam jago Yamaha Alfa Champ (mobildanmotorbekas.blogspot.com)

Motor bebek dua langkah memang cukup populer di tahun 1980-an sampai 1990-an. Di segmen ini, bisa dibilang Yamaha menjadi rajanya. Pada era itu, Yamaha menjadi pionir dengan pemakaian rangka pipa dan bodi plastik di bebek Alfa di tahun 1988.

Yamaha Alfa menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 102cc, dan mampu menyemburkan tenaga 9 hp. Kala itu Yamaha Alfa menawarkan pilihan Yamaha Alfa, Alfa II, Alfa II R, Alfa II Z, sampai pada akhirnya tergantikan oleh Yamaha Sigma.

Kemudian Yamaha Alfa kembali hadir. Kali ini dengan model stang ayam jago. Yamaha memberi nama Alfa Champ. Motor ini sempat jadi kebanggaan anak-anak SMA saat dibawa ke sekolah.

Bisa dbilang Alfa Champ justru menjadi pesaingan dari bebek Yamaha 2-tak lainnya, yakni Force One, yang kala itu juga sedang naik daun. Mesinnya masih mengandalkan keluarga Alfa Series, sampai akhirnya disuntik mati tahun 1994.

 

3 dari 3 Halaman

Yamaha V80

Iklan cetak jadul Yamaha V80 (blognyamitra.wordpress.com)

Sebelum Force One dan Alfa lahir, Yamaha pernah punya bebek andalan V80. Motor ini pertama kali keluar pada dekade akhir tahun 1970-an. Lengkapnya, Yamaha Indonesia mulai memproduksi Yamaha V80 pada tahun 1978.

Bebek ini pada masanya dikenal sebagai 'Yamaha Robot'. Diberi julukan robot lantaran desain bodinya yang mengotak, mirip dengan sosok robot yang bentuknya kaku.

Yamaha V80 dibekali mesin dua langkah dengan silinder tunggal, dan hanya berkapasitas 79cc. Meski cuma 79cc, motor ini sangggup meletupkan tenaga 6,7 hp.

Sesuai zamannya, teknologi pelumasan pada Yamaha V80 mengunakan Autolube atau pompa otomatis oli ke mesin.

BERI KOMENTAR