HOME » BERITA » MENGENAL FUNGSI ANGKER PADA MOTOR STARTER

Mengenal Fungsi Angker Pada Motor Starter

Berikut fungsi angker pada motor starter. Simak selengkapnya!

Senin, 09 Mei 2022 21:30 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Fungsi Angker Pada Motor Starter
Ilustrasi motor (Otosia)

OTOSIA.COM - Angker merupakan sebuah komponen penting yang berada pada motor starter. Part yang satu ini bekerja sebagai pembangkit dari daya putar. Jika tidak ada komponen yang satu ini, maka kinerja motor starter akan terganggu.

Lantas apa fungsi dari komponen ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fungsi angker pada motor starter.

1 dari 4 Halaman

Fungsi Angker

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa angker pada motor starter adalah sebagai pembangkit gerak dari daya putar yang disebabkan oleh perbedaan arah daya gerak listrik dan arah gerak yang dihasilkan oleh kumparan medan.

Sehingga fungsi angker pada motor starter adalah mengubah energi listrik menjadi energi gerak (mekanika) dengan hadirnya gerak putar. Cara kerja dari komponen yang satu ini sendiri yaitu berawal dari aki yang akan menyalurkan arus listrik menuju angker dan diubah menjadi medan magnet dari kumparan angker. 

Setelah itu medan magnet akan bereaksi dan menciptakan gerakan berputar. Angker sendiri memiliki dua jenis yaitu armature coil & armature blake. Kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda,  seperti pada armature coil yang berbentuk kumparan dan berada di sekitar poros motorik.

Untuk armature blake bekerja sebagai rem saat pinion gear lepas dari bagian flywheel. Angker sendiri memiliki beberapa komponen yang dapat menunjang kinerjanya agar semakin optimal. Beberapa komponen tersebut yaitu:

2 dari 4 Halaman

  1. Poros 

Pada angker, poros berfungsi untuk wadah memasang seluruh komponen angker atau armature. Selain itu,  poros juga akan mentransfer tenaga putar yang dihasilkan oleh lilitan kumparan armature/angker. Saat lilitan telah memiliki daya putar, maka secara otomatis poros juga akan berputar.

  1. Kumparan

Kumparan sendiri memiliki tugas sebagai pembangkit medan magnet yang terkait pada komutator saat arus listrik masuk melewati sikat positif komputator. Komponen yang satu ini jika dilihat memiliki bentuk seperti lilitan kawat tembaga yang mengelilingi di sekitar bagian tengah armature dan terhubung ke komutator.

3 dari 4 Halaman

  1. Inti 

Inti memiliki fungsi untuk melindungi kumparan agar tidak gampang rusak. Komponen yang satu ini berbentuk kumpulan besi yang tersusun rapi dan penempatannya pun berada di sekeliling kumparan.

  1. Komutator

Komponen terakhir yang terletak pada angker adalah komutator, part satu ini berfungsi sebagai pengalir energi listrik dari field coil dan disalurkan menuju kumparan armature / kumparan angker.

4 dari 4 Halaman

Cara Merawat Motor Starter Supaya Awet

Agar motor starter tetap awet dan dalam kondisi yang prima, ada baiknya Otolovers melakukan beberapa tahapan di bawah ini untuk merawatnya secara berkala. 

  1. Menggunakan kickstarter

  2. Rajin membersihkan 

  3. Servis motor secara rutin

  4. Mengecek tuas rem

Demikian, fungsi angker pada motor starter yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers sekalian. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR