HOME » BERITA » MENGENAL FUNGSI CRUISE CONTROL DI MOTOR, SAMAKAH DENGAN MOBIL?

Mengenal Fungsi Cruise Control di Motor, Samakah dengan Mobil?

Guna meningkatkan kenyamanan pengendara sepeda motor, berbagai teknologi disematkan oleh pihak pabrikan. Salah satunya ialah cruise control yang biasanya dimiliki oleh motor cruiser atau pun touring.

Sabtu, 16 Juni 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Murphs' Kits

OTOSIA.COM - Guna meningkatkan kenyamanan pengendara sepeda motor, berbagai teknologi disematkan oleh pihak pabrikan. Salah satunya ialah cruise control yang biasanya dimiliki oleh motor cruiser atau pun touring.

Secara garis besar fungsinya memang sama dengan cruise control pada mobil, yaitu menjaga kecepatan sepeda motor tetap konstan. Dengan kata lain, motor tetap melaju pada kecepatan yang sama dengan ketika cruise control diaktifkan meskipun tuas gas tidak diputar.

BMW K1600GTL

Dilansir dari Technavio.com, kini, fitur tersebut telah berkembang menjadi Adaptive Cruise Control (ACC). Teknologi tersebut dilengkapi radar yang bisa mendeteksi kecepatan dan jarak kendaraan di sekitarnya.

Menurut sumber yang sama, setidaknya pada tahun 2015 telah ada 1,37 juta unit sepeda motor yang dilengkapi dengan fitur ACC. Jumlahnya akan terus bertambah dan diprediksi akan mencapai 1,5 juta unit pada tahun 2020 mendatang.

Ducarti Multistrada

Fitur ACC pun bisa memberikan dampak positif lainnya, yaitu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Pasalnya, kecepatan dan putaran mesin konstan mengonsumsi bahan bakar lebih sedikit ketimbang 'stop and go'. Kehadiran ACC juga membuat pengendara lebih nyaman ketika menempuh perjalanan jauh.

Saat ini, baik fitur cruise control maupun ACC masih disematkan pada motor-motor high end yang terbilang mahal, seperti Triumph Tiger Explorer XRT, Ducati Multistrada, Kawasaki Vulcan 1700 Voyager ABS, KTM 1290 Super Duke GT, dan BMW K1600GTL.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR